Melalui Jalan Sehat, Klaten Bergerak Bersama Akhiri AIDS 2030

Antar Daerah857 views

Inionline.id – Pada 1 Desember 2023, Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Klaten bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten menggelar kegiatan Jalan Sehat dalam rangka memperingati Hari AIDS Sedunia.

Ketua Harian KPA, Ronny Roekmito, menyampaikan bahwa peringatan Hari AIDS Sedunia tingkat Kabupaten Klaten mengusung tema ‘Bergerak Bersama Akhiri AIDS 2030’.

Ia juga menyampaikan bahwa peringatan Hari AIDS Sedunia tingkat Kabupaten Klaten digelar beberapa rangkaian kegiatan, yakni tanggal 24 November 2023 dengan kegiatan sarasehan dan hari ini, 1 Desember 2023, puncak acara dengan jalan sehat.

“Peringatan Hari AIDS Sedunia juga dilaksanakan di belahan dunia karena dengan peringatan ini meningkatkan guna pengetahuan dan kesadaran bahaya HIV/AIDS yang semakin berkembang,” ujarnya.

Kegiatan ini dihadiri Bupati Klaten, Wakil Bupati Klaten, Sekda Klaten, Asisten, Kepala OPD, Direktur BUMD, Ketua DWP Klaten, Camat, Tenaga Kesehatan, perwakilan komunitas kelompok dukungan sebaya dan peserta jalan sehat.

Rute jalan sehat ini dimulai dari Kantor Pemda Klaten menuju Stadion Trikoyo, melalui Kodim 0723 Klaten, dan kembali lagi ke Kantor Pemda Klaten.

Kegiatan ini tidak hanya sekadar jalan sehat, melainkan juga menjadi platform kampanye dengan peserta yang membawa poster ajakan anti HIV/AIDS dan LGBT.

Ronny menambahkan, ada peningkatan kasus HIV di Klaten sejumlah 124 dan 22, diantaranya adalah mahasiswa. Oleh karena itu, ia mengingatkan ke depan penanggulangan HIV/ AIDS dan kewaspadaan LGBT harus lebih ditingkatkan sehingga masyarakat bisa terlindungi dengan baik.

Sebelumnya, Bupati Klaten, Sri Mulyani, dalam sambutannya di Halaman Pendopo Setda Klaten, menekankan pentingnya keterlibatan seluruh masyarakat dalam menekan angka kasus HIV/AIDS.

“Menurunkan target zero kasus AIDS di tahun 2030 bukan hanya tanggung jawab KPA dan Pemerintah, melainkan tanggung jawab seluruh masyarakat. Mari bersama-sama melawan AIDS di Kabupaten Klaten,” terang dia.

Kegiatan ini menunjukkan komitmen Pemerintah Kabupaten Klaten dalam memberikan dukungan nyata kepada mereka yang terkena dampak HIV/AIDS.