Kemungkinan Format Debat Capres Cawapres Pakai Podium Dibuka KPU

Politik757 views

Inionline.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) membuka kemungkinan akan menyediakan podium dalam debat calon presiden (capres) dan wakil presiden (cawapres) berikutnya.

Komisioner KPU August Mellaz mengatakan rencana tersebut akan dibahas. Jika dibutuhkan, maka tidak menutup kemungkinan akan disediakan.

“Ini [pengadaan podium di panggung debat] kita bicarakan,” kata Mellaz di Kantor KPU, Jakarta, Kamis (14/12).

Namun, kata Mellaz, hingga saat ini format yang akan dipakai masih sama seperti pada debat perdana capres pada Selasa (12/12) lalu.

Acara akan berlangsung selama 150 menit. Namun, durasi khusus debat yaitu 120 menit.

Debat dibagi menjadi 6 segmen. Setiap calon dapat saling sanggah dalam 4 segmen, yaitu pada segmen 2,3,4 dan 5. Sementara pada segmen 1, khusus pemaparan visi dan misi. Adapun segmen ke-6 penyampaian pernyataan pamungkas setiap calon.

“Kemudian, format debat tidak mengalami perubahan. Jadi untuk debat kedua, nanti bisa diteruskan ketiga, keempat, kelima,” ujarnya.

Debat akan diikuti oleh tiga cawapres yaitu dari nomor urut 1 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka dan nomor urut 3 Mahfud MD.

Adapun tema yang akan dibahas meliputi Ekonomi Kerakyatan, Ekonomi Digital, Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN/APBD, Infrastruktur, dan perkotaan.

Sebelumnya, KPU telah menggelar debat perdana capres dengan tema meliputi Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik, dan Kerukunan Warga. Debat itu diikuti oleh Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

Debat perdana itu sempat menjadi sorotan lantaran menempatkan para capres dalam posisi berdiri, tanpa podium ataupun meja.

Ketua KPU Hasyim Asyari merespons sorotan sejumlah pihak soal format debat pertama itu. Menurut Hasyim posisi berdiri para capres bukan isu utama. Pun, terkait ada atau tidaknya meja di panggung debat.

“Yang penting debat atau ada mejanya? Yang penting ada debatnya, kan. Saya kira begitu. (Seperti disetrap), itu kan kata Najwa (Najwa Shihab) kan,” kata Hasyim saat meninjau Gudang KPU Denpasar di GOR Kompyang Sujana, Kota Denpasar, Bali, Rabu (13/13) malam.