Imbas Gempa Sukabumi Magnitudo 4,6, 68 Rumah Rusak

Berita557 views

Inionline.id – Sebanyak 68 rumah dilaporkan rusak imbas gempa magnitudo 4,6 yang mengguncang wilayah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (14/12) pagi.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan gempa yang mengguncang Kabupaten Sukabumi ini, terasa sampai Kabupaten Bogor. 68 rumah rusak itu tersebar di dua kabupaten tersebut.

“Gempa berdampak pada 61 rumah terdampak di Kabupaten Bogor dan tujuh rumah rusak di Kabupaten Sukabumi dengan rincian dua rumah rusak sedang dan lima rumah rusak ringan,” kata Abdul dalam keterangan tertulis, Kamis.

Ia menjelaskan lokasi terdampak gempa di Kabupaten Bogor yakni Kecamatan Pamijahan, Leuwiliang, Nanggung dan Ciampea.

Sementara lokasi terdampak gempa di Kabupaten Sukabumi yakni Kecamatan Kabandungan, Kalapanunggal, Kadudampi dan Cikembar.

“Hingga kini BPBD Kabupaten Sukabumi dan BPBD Kabupaten Bogor telah menerjunkan tim reaksi cepat ke lokasi terdampak untuk melakukan asesmen dan pendataan lanjutan di lapangan,” katanya.

Sebelumnya, gempa magnitudo 4,6 terjadi Kamis pagi sekitar pukul 6.35 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat ada empat kali gempa susulan setelahnya.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyebut kekuatan gempa susulan di bawah magnitudo 3. Ia tak merinci daerah mana saja yang terdampak gempa susulan tersebut.

“Gempa susulan juga dirasakan di situ sudah terjadi empat kali, (berkekuatan magnitudo) 2,2, 2,4, 2,1, dan dua koma,” kata Dwikorita dalam jumpa pers daring, Kamis.