Hari Anti-Korupsi Sedunia di Istora Senayan akan Dihadiri Presiden Jokowi

Berita1657 views

Inionline.id – Puncak peringatan Hari Anti-Korupsi se-Dunia (Hakordia) pada 12-13 Desember 2023 di Istora Senayan Jakarta akan dihadiri Presiden Joko Widodo.

“Alhamdulillah kemarin kita sudah dapat konfirmasi dari sekretariat kepresidenan bahwa Presiden RI Pak Joko Widodo bakal hadir dalam acara ini. Tentu saja sangat menggembirakan di tengah kondisi kita seperti sekarang ini,” ujar Plt. Deputi Informasi dan Data yang juga Ketua Panitia Hakordia 2023 Eko Marjono dalam konferensi pers di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (8/12).

Eko menjelaskan terdapat sejumlah rangkaian acara pada Hakordia 2023. Pada hari pertama 12 Desember akan ada pemaparan dari sejumlah tokoh. Sedangkan hari kedua 13 Desember akan ada seminar.

Ia menambahkan Hakordia 2023 mengambil tema ‘Sinergi Berantas Korupsi untuk Indonesia Maju’. Kata Eko, tema tersebut dipilih karena upaya pemberantasan korupsi tidak bisa berjalan sendiri.

“Kenapa kami mengambil tema ini? Karena sebagaimana kita ketahui bahwa upaya pemberantasan korupsi tidak bisa berjalan sendiri,” ucap Eko.

“Harus ada sinergi di antara penegak hukum, KPK, kepolisian dan kejaksaan kemudian juga instansi pemberantasan korupsi maupun segenap lapisan masyarakat,” tambahnya.

Lembaga antirasuah turut mengundang seluruh institusi pemerintah pusat, daerah, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan seluruh lembaga pemerintah lainnya untuk menghadiri puncak Hakordia 2023 tersebut.