Di Euro 2024 Courtois Dipastikan Absen

Inionline.id – Thibaut Courtois memastikan tidak akan tampil di Euro 2024. Kiper Timnas Belgia itu memilih fokus untuk pemulihan cedera ligamen lutut.

Courtois mendapat cedera Anterior Cruciate Ligament (ACL) pada sesi latihan bersama Real Madrid Oktober lalu. Alhasil, dia harus naik meja operasi yang membuatnya absen panjang.

Karena diprediksi baru pulih sekitar 8-9 bulan, Courtois pun menuntaskan musim lebih cepat. Tapi, sempat ada harapan Courtois bisa bermain setidaknya 1-2 laga sebelum musim 2023/2024 berakhir.

Itulah yang membuat Courtois disebut-sebut akan dibawa Belgia ke Euro 2024, mengingat dia adalah salah satu sosok pemain senior di tim tersebut. Sayangnya, fans Belgia harus memendam harapan itu dalam-dalam.

Pasalnya, Courtois tidak mau buru-buru kembali bermain dan memilih fokus memulihkan cederanya, agar bisa tampil seperti sedia kala. Sekalipun Courtois harus merelakan kesempatan tampil di Euro 2024.

“Saya harus sembuh total, jadi lebih saya memberitahukannya sekarang. Jika memungkinkan, saya sebenarnya bisa saja bermain lagi bulan Mei, tapi saya tidak siap sama sekali untuk turnamen itu. Saya tidak bisa bermain hanya dengan kondisi 80-85 persen. Saya harus mundur demi memberikan tempat kepada pemain bagus lainnya,” ujar Courtois kepada VRT.

“Saya akui itu keputusan yang salah (bertengkar dengan pelatih Domenico Tedesco karena masalah ban kapten), dan sudah meminta maaf kepada tim serta fans.”

“Saya masih ingin bermain untuk tim nasional. Tapi saya harus fokus untuk Real Madrid musim ini, saya melihat Piala Eropa bukan waktu yang tepat untuk kembali bermain,” papar pengoleksi 102 caps untuk Timnas Belgia sejak 2011.

Dengan absennya Courtois, maka spot kiper utama Timnas Belgia bisa diperebutkan oleh Koen Casteels, Mats Sels, Thomas Kaminski, dan Arnaud Bodart. Belgia akan gabung di Grup E bareng Slovakia, Rumania, dan Pemenang Playoff B.