Bicara Isu Antikorupsi KPK akan Undang Anies, Prabowo, Ganjar

Politik657 views

Inionline.id – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal mengundang tiga calon presiden (capres) 2024, Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo pada Januari 2024 untuk berbicara isu antikorupsi.

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron menjelaskan pihaknya akan membuat suatu forum untuk para capres menyampaikan gagasannya perihal pencegahan dan pemberantasan korupsi.

“KPK nanti untuk mengawal dan kemudian memastikan komitmen para capres pada agenda-agenda pemberantasan korupsi, KPK akan mengadakan momen sendiri, bukan debat, tapi kita akan bikin momen bagaimana visi misi dia dalam perspektif untuk memberantas korupsi, kita akan mengundang sekitar awal ataupun pertengahan Januari,” ujar Ghufron di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Kamis (14/12).

“Kita akan mengundang. Kita akan bikin forum sendiri khusus untuk isu antikorupsi,” lanjut dia.

Sebelumnya, Ketua Sementara KPK Nawawi Pomolango mengkritik agenda debat perdana capres yang diadakan KPU pada Selasa (12/12) malam.

Nawawi menilai masing-masing capres yang berdebat tidak memberikan gagasan konkret untuk mengatasi permasalahan korupsi di Indonesia.

“Semalam saya ikut juga karena diundang menyaksikan debat kusir, eh maaf debat capres. Capek-capek dari sini, saya bela-belain ke sana, saya ingin mendengar ada konsep pemberantasan korupsi, enggak ada yang bisa ditawarkan oleh beliau,” kata Nawawi dalam agenda Hari Anti-Korupsi se-Dunia (Hakordia) 2023 di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (13/12).

“Bahasanya ya hanya berantas korupsi gitu, menguatkan KPK. Tapi, seperti apa enggak ada juga. Saya jadi nyesal kenapa harus bermacet-macet semalam,” lanjut Nawawi.

Debat pertama capres yang diselenggarakan oleh KPU mengangkat tema pemerintahan, hukum, Hak Asasi Manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Masing-masing capres berbicara soal komitmen berantas korupsi. Seperti capres nomor 1 Anies Baswedan yang ingin merevisi lagi UU KPK untuk menguatkan pemberantasan korupsi.

Sedangkan capres nomor 2 Prabowo Subianto berjanji akan memperkuat KPK dan mengusut korupsi sampa ke akar-akarnya.

Selain itu capres nomor 3 Ganjar Pranowo ingin memberantas korupsi tanpa pandang bulu. Ia menyebut menyebut kerugian negara dalam 10 tahun terakhir menembus Rp230 triliun.