Berikut ini 20 Wisata Kuliner Jogja yang Wajib Dikunjungi saat Libur Natal dan Tahun Baru

Inionline.id – Libur Akhir tahun sudah di depan mata. Untuk mengisi waktu libur tersebut, bisa dengan melakukan wisata kuliner. Nah bagi yang suka kuliner, berikut ini 20 wisata kuliner Jogja yang wajib dikunjungi Akhir Tahun 2023.

Diketahui, Jogja merupakan salah satu destinasi liburan yang menghadirkan beragam objek wisata, salah satunya wisata kuliner. Ada banyak macam kuliner bisa kamu temukan di Jogja dengan cita rasa yang khas dan menggoda lidah.

So buat yang akan mengisi waktu liburan di Jogja pada akhir tahun, pastikan untuk mencicipi beragam kulinernya. Nah, berikut ini daftar 20 wisata kuliner Jogja yang wajib dikunjungi Akhir Tahun 2023 yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Kopi Klotok

Kopi Klotok yang berada di Jalan Kaliurang (Jakal) Km.16 Pakem ini menyuguhkan masakan khas Jawa dengan cita rasa yang lezar enak.

2. Tengkleng Gajah

Tengkleng Gajah yang berada Jl Gantalan Km. 9,3 Ngaglik ini merupakan rumah makan yang menyuguhkan beragam olahan kambing dengan rasanya enak seperti tengkleng, sate, gulai dan tongseng.

3. Sate Ratu

Wisata kuliner Jogja - Sate Ratu (instagram @sateratu)

Bagi pecinta sate, kamu bisa berkunjung ke  Sate Ratu yang berada di Jogja Paradise, Jl Magelang Km. 6 Sleman. Sate Ratu ini menyuguhkan sate ayam merah yang dipadu dengan bumbu rahasia yang kelezatannya tiada tara.

4. Mangut Lele Mbah Marto

Wisata kuliner di Jogja berikutnya yaitu  Mangut lele Mbah Marto yang berada di Jl. Sewon Indah, Panggungharjo. Mangut lele ini menawarkan tekstur empuk dan cita rasa yang tiada duanya.

5. Soto Kadipiro

Berkunjung ke Jogja, jangan lupa mencicipi  Soto Kadipiro yang lokasinya berada di di Jl Wates No. 33. Soto Kadipiro ini cocok untuk sarapan maupun hidangan makan siang atau makan malam.

6. Soto Bathok

Selain Soto Kadipiro, ada juga Soto Bathok yang memiliki tampilan unik karena disajikan di dalam bathok kepala. Adapun lokasi Soto Bathok ini berada di Jalan Sambisari, Purwomartani. Untuk rasanya, tak perlu diragukan lagi, pastinya enak dan lezat.

7. Ayam Tojoyo

Ayam Tojoyo yang berada di Jln Urip Sumoharjo No.133 ini menyuguhkan ayam kampung dengan cita rasa manis, gurih, dan tekstur lembut. Selain daging Ayam, tempat makan ini juga menyajikan jeroan sapi.

8. Bakmi Pele

Bagi pecinta bakmi, pastikan untuk berkunjung ke bakmi Pele saat berada di Jogja. Bakmi Pele menyugugkan menu bakmi Jawa godhog, goreng, nyemek, nasi goreng dan magelangan. Lokasinya ada Jl Alun-alun Utara, Panembahan.

9. Gudeg Pawon

Gudeg Pawon salah satu kuliner Jogja yang rekomended untuk kamu icip karena menawarkan cita rasa gudeg yang khas. Adapun lokasi Gudeg Pawon  di Jalan Janturan, Warungboto. Pastikan untuk berkunjung kesini saat ke Jogja.

10. Mie Ayam Tumini

Bagi pecinta  Mie Ayam, jangan lewatkan untuk mencoba mie ayam Tumini saat berkunjung ke Jogja. Mie ayam satu ini sangat populer di Jogja. Adapun lokasi Mie Ayam Tumini ini berada di Jalan Imogiri Timur, Giwangan.

11. Jejamuran

Bagi pecinta jamur, jangan lupa juga untuk icip-icip jejamuran jika berkunjung ke Jogja. Restoran yang berada di jl  Pendowoharjo Niron Sleman ini menyuguhkan berbagai olahan jamur mulai dari sate, jamur goring hingga tongseng jamur.

12. Kandang Ingkung

Kandang Ingkung ini menyuguhkan ayam kampung utuh yang pengolahannya dilakukan secara tradisional dan menawarkan cita rasa yang enak. Adapun Kandang Ingkung ini berada di Jitengan, Balecatur, Gamping.

13. Ayam Geprek Bu Rum

Bagi yang suka ayam geprek, pastikan untuk tidak melewatkan ayam geprek Bu Rum. Di Jogja, ayam Geprek Bu Rum ini sangat populer. Untuk lokasinya tersedia beberpa cabang di Jogja, salah satunya di Jalan Wulung, Papringan.

14. Lotek dan gado-gado Bu Bagyo

Untuk pecinta Lotek dan gado-gado, pastikan untuk mencicipi  Lotek dan gado-gado Bu Bagyo saat liburan ke Jogja. Lotek dan gado-gado Bu Bagyo tersedia beberapa cabang, salah satunya di Jl. Prof. Yohanes 1, Colombo.

15. Bakso Klenger

Bagi pecinta bakso, bakso Klenger bisa jadi pilihan tepat saat liburan ke Jogja. Bakso yang menawarkan prosi jumbo dengan berat mencapai 25kg ini berada di Jalan Wahid Hasyim No.296, Caturtunggal.

16. Bebek Cak Koting

Untuk pencinta bebek, kamu bisa mengunjungi rumah makan Bebek Cak Koting. Rumah makan yang menawarkan daging bebek ini selalu ramai dan memiliki beberapa cabang. Adapun salah satu lokasinya berada di Jalan Dr. Sutomo, Bausasran.

17. Sate Klathak Pak Pong

Kalau berkunjung ke Jogja, pastikan juga untuk tidak melewatkan berburu kuliner legendarisnya yakni Sate klathak. Sate Klahtak ini merupakan sate kambing dibakar pakai jeruji besi. Lokasinya ada beberapa cabang, salah satunya di Jalan Sultan Agung No.18, Bantul.

18. Oseng Mercon Bu Narti

Bagi yang suka makanan pedas, maka patut coba oseng mercon Bu Narti jika berkunjung ke Jogja. Adapun oseng mercon ini merupakan olahan daging sapi, tetelan dan koyor yang dicampur cabe rawit. Lokasinya ada di Jl. KH. Ahmad Dahlan No.107, Notoprajan, Ngampilan, Kota Jogja.

19. Nasi Goreng Padmanaba

Nasi goreng Padmanaba ini salah satu nasi goreng terkenal di Jogja dan selalu ramai pengunjung. Bagi pecinta nasi goreng, pastikan untuk makan disini saat berkungjung ke Jogja. Lokasinya ada di Jl.  Yos Sudarso Kotabaru, dekat SMAN 3 Yogyakarta.

20. SGPC Bu Wiryo

Bagi pecinta sego pecel, maka patut mencoa SGPC Bu Wiryo yang berada di Jl Agro Nomor 10, Kocoran, Caturtunggal, Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Rumah makan yang telah berdiri tahun 1959 ini juga langganannya Bapak Presiden Jokowi.