Wajib Waspada! Berikut ini 5 Tanda Tubuh Kelebihan Kolesterol

Kesehatan257 views

Inionline.id – Naiknya kolesterol dalam darah sering kali tidak disadari. Namun ada tanda tubuh kelebihan kolesterol yang harus diwaspadai.

Ada beberapa tanda tubuh kelebihan kolesterol sebelum gejala nyata yang muncul.

Penyebab kolesterol tinggi antara lain pola makan, merokok, dan genetika. Kolesterol tinggi jarang menimbulkan gejala, jadi penting untuk melakukan pemeriksaan kolesterol rutin jika Anda berisiko.

Kolesterol adalah sejenis lipid. Ini adalah zat lilin seperti lemak yang diproduksi hati Anda secara alami. Ini penting untuk pembentukan membran sel, hormon tertentu, dan vitamin D.

Kolesterol tidak larut dalam air, sehingga tidak dapat mengalir melalui darah dengan sendirinya. Untuk membantu mengangkut kolesterol, hati Anda memproduksi lipoprotein.

Lipoprotein adalah partikel yang terbuat dari lemak dan protein. Mereka membawa kolesterol dan trigliserida, jenis lipid lain, melalui aliran darah Anda. Dua bentuk utama lipoprotein adalah low-density lipoprotein (LDL) dan high-density lipoprotein (HDL).

Kolesterol LDL adalah kolesterol apa pun yang dibawa oleh lipoprotein densitas rendah. Jika darah Anda mengandung terlalu banyak kolesterol LDL, Anda mungkin didiagnosis menderita kolesterol tinggi. Tanpa pengobatan, kolesterol tinggi dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, termasuk serangan jantung dan stroke.

Tanda tubuh kelebihan kolesterol

Dalam kebanyakan kasus, kolesterol tinggi adalah tidak menyebabkan gejala.

Banyak orang bahkan tidak menyadari bahwa mereka memiliki kolesterol tinggi hingga mengalami komplikasi serius, seperti serangan jantung atau stroke.

Mengonsumsi terlalu banyak makanan tinggi kolesterol, lemak jenuh, dan lemak trans dapat meningkatkan risiko terkena kolesterol tinggi. Hidup dengan obesitas juga dapat meningkatkan risiko Anda. Faktor gaya hidup lain yang dapat berkontribusi terhadap kolesterol tinggi termasuk tidak aktif dan merokok.

Genetika Anda juga dapat memengaruhi peluang Anda terkena kolesterol tinggi. Gen diturunkan dari orang tua ke anak.

Ini beberapa tanda tubuh kelebihan kolesterol

1. Mudah ngantuk

Apakah Anda sering ngantuk meskipun tidak melakukan apapun? Ini bisa menjadi salah satu tanda tubuh mengalami kolesterol tinggi.

Hal itu disebabkan oleh penyumbatan pada pembuluh darah yang seharusnya suplai membawa oksigen ke otak jadi terhambat.

Ketika aliran darah sudah tersumbat efeknya akan muncul rasa mengantuk serta tubuh mudah lelah. Ini bisa menjadi salah satu gejala kolesterol.

2. Nyeri dada

Saat kadar kolesterol dalam tubuh meningkat, kondisi ini menyebabkan adanya tumpukan zat lemak pada pembuluh darah arteri.

Plak dari lemak itu kemudian menyelimuti bagian pembuluh darah sekaligus memicu rasa nyeri di bagian dada.

Dampak lainnya yaitu suplai darah ke jantung terhambat dan dada jadi terasa semakin sakit atau disebut angina.

3. Xanthoma dan xnthelasma

Tanda kolesterol tinggi yang disebut xanthoma sebaiknya Anda waspadai karena mengakibatkan benjolan atau lesi lunak kekuningan pada kulit.

Pada kasus kolesterol tinggi, lesi kekuningan umumnya timbul di sekitar mata dan lipatan mata, bahkan berpotensi membesar lalu menyebar.

Tak hanya itu, bercak kuning juga dapat menunjukkan gejala arteri tersumbat sehingga terlihat tumpukan lemak di sekitar mata, hidung, mulut, atau disebut xanthelasma.

4. Nyeri tengkuk leher

Nyeri pada tengkuk memang dapat disebabkan oleh banyak faktor seperti stres berlebih, kelelahan, hingga kolesterol tinggi.

Apabila pengaruhnya dari kolesterol tinggi, maka kondisi ini berkaitan dengan penumpukan plak di pembuluh darah area leher.

Plak yang menumpuk akan otomatis menghalangi aliran darah dari leher menuju otak hingga menimbulkan rasa nyeri.

5. Kaki terasa pegal

Selain tanda kolesterol tinggi di bagian kaki juga berisiko menimbulkan reaksi tidak biasa seperti pegal.

Faktor utamanya masih sama yaitu disebabkan oleh tumpukan plak lemak yang mengakibatkan aliran darah ke dalam jaringan tubuh ikut tersumbat.

Saat terjadi penumpukan plak di area kaki, sensasi yang timbul menyerupai rasa berat, nyeri, bahkan seperti terbakar.

Itulah beberapa tanda tubuh kelebihan kolesterol yang harus selalu diwaspadai. Jangan lupa periksa ke dokter untuk diagnosis lebih lanjut.