Tugu Pancasila di Kampung Tanama Fakfak Papua Barat Diresmikan Langsung Presiden Jokowi

Berita1457 views

Inionline.id – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Tugu Pancasila Kampung Tanama di Kabupaten Fakfak, Papua Barat. Peresmian dilakukan dengan pembubuhan tanda tangan oleh Jokowi.

Tugu itu berbentuk burung Garuda Pancasila yang mengepakkan sayap. Burung itu berdiri di atas kubus berwarna merah-putih.

“Presiden Jokowi menandatangani prasasti Tugu Pancasila Kampung Tanama yang merupakan bentuk pengingat perjuangan para pahlawan yang berasal dari Kampung Tanama,” dikutip dari keterangan tertulis Sekretariat Presiden, Jumat (24/11).

Dalam peresmian itu, Jokowi didampingi pejabat setempat seperti Bupati Fakfak Untung Tamsil, Wakil Bupati Fakfak Yohana Dina Hindom, dan Kepala Kampung Tanama Sukur Weripih.

Sukur menjelaskan Tugu Pancasila Kampung Tanama didirikan untuk mengingat para pejuang. Dia berharap masyarakat Papua Barat mengingat perjuangan para pahlawan dan bersama membangun bangsa.

“Saya mengajak masyarakat mari menghindari persoalan untuk membangun negeri,” ucap Sukur.

Jumat ini menjadi hari ketiga kunjungan Jokowi ke Pulau Papua. Dari Tugu Pancasila, ia akan melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Teluk Bintuni untuk meresmikan Proyek Strategis Nasional (PSN) Tangguh Train 3.

Jokowi juga akan melakukan peletakan batu pertama alias groundbreaking Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Unimuda Sorong di Kabupaten Sorong.

Lalu, Jokowi akan terbang ke Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat untuk membuka Kongres Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) XXXII dan Munas Kohati XXV Tahun 2023.