Serbia Lolos ke Piala Eropa 2024, Akhiri Penantian Dua Dekade

Inionline.id – Serbia memastikan diri lolos ke Piala Eropa 2024 usai bermain imbang 2-2 dengan Bulgaria di laga terakhir kualifikasi Grup G. Negeri Balkan itu kembali tampil di ajang ini usai absen selama dua dekade.

Bermain di Stadion Dubocica, Minggu (19/11/2023), Serbia memimpin 1-0 di babak pertama lewat tandukan Milos Veljkovic di menit ke-16 usai memanfaatkan kemelut sepak pojok di depan gawang Bulgaria.

Namun tim tamu bangkit dan mencetak dua gol dalam rentang 10 menit untuk berbalik unggul pada babak kedua. Pada menit ke-59, tembakan keras Georgi Rusev bersarang telak di sudut kiri gawang Serbia yang dijaga Vanja Milinkovic-Savic.

Pada menit ke-69, Kiril Despodov yang menerima umpan Filip Krastev berlari menggiring bola menuju kotak penalti Serbia. Meski dikawal dua bek lawan, ia tetap mampu membungkam suporter tuan rumah dengan tembakan yang mengecoh Milinkovic-Savic.

Serbia yang berupaya menghindari kekalahan berhasil menyamakan skor pada menit ke-82. Srdjan Babic menuntaskan sepak pojok Dusan Tadic dengan sundulan yang gagal dihalau kiper Bulgaria, Daniel Naumov. Skor 2-2 bertahan hingga usai.

Hasil ini membawa Serbia finis di urutan kedua klasemen akhir Grup G dengan 14 poin dari delapan laga. Mereka menemani Hungaria yang sudah lebih dulu lolos ke Jerman sebagai juara grup dengan 18 poin.

Ini pertama kalinya Serbia lolos ke Piala Eropa sejak menjadi negara sendiri pada 2006. Sebelumnya, mereka terakhir tampil di Euro 2000 saat masih bernama Yugoslavia dan dihuni nama-nama seperti Dejan Stankovic, Vladimir Jugovic, hingga mendiang Sinisa Mihajlovic.

Sementara itu, kekalahan 1-3 dari Hungaria menutup peluang Montenegro melaju ke Euro 2024 usai hanya finis di posisi ketiga dengan 11 poin. Bulgaria menutup kualifikasi dengan status juru kunci usai hanya meraih empat poin, di bawah Lithuania yang berada di urutan empat dengan enam poin.

Serbia menjadi tim ke-16 yang lolos langsung ke Euro 2024 lewat jalur kualifikasi. Tersisa tujuh tiket untuk diperebutkan, empat untuk lolos langsung dan tiga dari playoff.