Dengan Kinerja Wasit Piala Asia U-23 2024, STY Masih Kecewa

Inionline.id – Shin Tae-yong kembali menyinggung kinerja wasit sepanjang Piala Asia U-23 2024. Pelatih Timnas Indonesia U-23 itu mengeluarkan unek-uneknya.

Indonesia kalah dari Irak dalam perebutan tempat ketiga di Piala Asia U-23 2024. Bermain di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Kamis (2/5/2024), Garuda Muda tumbang 1-2 dalam pertandingan berdurasi 120 menit.

Kekalahan itu membuat Indonesia finis keempat di turnamen, membuat upayanya ke Olimpiade 2024 Paris harus ditentukan lewat playoff. Marselino Ferdinan dkk harus melawan Guinea, tim peringkat empat Afrika, untuk berebut tiket ke Paris.

Timnas Indonesia U-23 sendiri tampil apik sepanjang Piala Asia U-23 2024. Meski debutan, tim Merah Putih bisa langsung ke semifinal.

Keluar menjadi runner up Grup A di bawah Qatar, mengungguli Australia dan Yordania, Indonesia kemudian bisa menyingkirkan Korea Selatan di perempatfinal. Indonesia kemudian kalah dari Uzbekistan di semifinal.

Sepanjang turnamen itu, beberapa kali Indonesia protes keras soal kepemimpinan wasit. Di laga perdana melawan Qatar misalnya, PSSI sampai mengirim surat protes ke AFC karena wasit Nasrullo Kabirov dianggap berat sebelah.

Kemudian, momen wasit dianggap merugikan Indonesia juga terjadi di laga semifinal. Kepemimpinan wasit Shen Yinhao juga disorot.

Shin Tae-yong mengakui beberapa keputusan wasit dinilai mengganggu performa apik anak asuhnya. Ia mengaku masih tak senang dengan beberapa keputusan wasit.

“Mungkin banyak orang menyadari performa indonesia secara dramatis berkembang sejauh ini, dari laga pertama di turnamen ini,” kata STY.

“Saya pikir tim ini layak mengetahui mereka mendapat pujian dari orang-orang. Dan meski saya menyinggung soal kepemimpinan wasit di laga pertama, juga ketika di pertandingan semifinal, saya masih punya pandangan soal kepemimpinan wasit. Saya merasa masih kurang senang dengan keputusan yang dibuat wasit, yang bisa mengubah pertandingan.”

“Terlepas dari itu, secara keseluruhan, saya mengapresiasi performa tim, dan sejauh ini semua pemain dan anggota tim melakukan yang terbaik. Mereka mengerahkan segalanya, dan seperti yang saya sebutkan sebelumnya, orang-orang kini tahu perkembangan kami dan dalam beberapa tahun mendatang atau di masa depan, kami akan terus berkembang, lagi dan lagi jadi saya yakin mkami akan terus berkembang dan menjadi tim yang lebih baik lagi,” ungkap Shin Tae-yong.