Presiden Jokowi: IKN Gagasan dari Bung Karno, Saya Hanya Eksekusi

Berita4957 views

Inionline.id – Presiden Joko Widodo mengatakan gagasan membangun Ibu Kota Nusantara (IKN) berasal dari Presiden pertama Republik Indonesia Sukarno alias Bung Karno.

Jokowi tak mau pembangunan IKN disebut sebagai idenya. Hal itu ia sampaikan menjawab pernyataan pengusaha tekstil Anne Patricia Sutanto.

“Saya merasa bangga bahwa ide IKN dari wong Solo,” kata Anne pada 100 CEO Kompas Forum di IKN, Kamis (2/11).

“Salah. Ide dan gagasan itu tahun 1957 dari Bung Karno. Saya hanya mengeksekusi,” ucap Jokowi.

Jokowi bercerita pemindahan ibu kota negara dari Jakarta sudah direncanakan sejak Bung Karno menjabat presiden. Lalu wacana itu kembali dikaji oleh Presiden Soeharto.

Pada 2014, Jokowi membentuk tim secara diam-diam untuk mengkaji kembali rencana itu. Langkah tersebut menjadi titik awal pembangunan Ibu Kota Nusantara.

“Sembilan tahun lalu secara diam-diam saya membentuk tim untuk melihat kembali gagasan-gagasan yang telah dilakukan oleh presiden pertama, presiden kedua, dan selanjutnya,” ujarnya.

Pemerintah pun menetapkan wilayah di sebagian Kalimantan Timur sebagai ibu kota negara baru. DPR telah merestui rencana itu melalui Undang-Undang IKN.

Pembangunan telah dimulai dan diprediksi rampung pada 2045. Jokowi menargetkan gelaran upacara peringatan HUT Kemerdekaan ke-79 RI digelar di IKN sebagai simbol pemindahan ibu kota.