Ini Alasannya Industri Bakery di Indonesia Tumbuh Pesat

Inionline.id – Industri bakery di Indonesia tumbuh cukup pesat beberapa tahun terakhir ini. Menurutstatistik dari Kementrian Pertanian, seperti yang dilansir Baker’s Friend, di tahun 2018 konsumsi bakery seperti roti tawar mengalami kenaikan hingga 500% sejak tahun 2014.

Peningkatan tersebut berlanjut, bahkan ketika masa pandemi di 2021 ketika Indonesia berhasil mencetak penjualan roti tertinggi di kawasan Asia Tenggara dengan total transaksi mencapai USD 18,7 miliar atau sekitar Rp2,6 triliun.

Tingginya tingkat konsumsi roti ini dipengaruhi oleh banyak hal, termasuk semakin bervariasinya jenis produk bakery yang ada di pasaran sebagai imbas naiknya popularitas budaya negara lain seperti Korea Selatan dan Jepang.

Produk bakery dari negara-negara tersebut, seperti Korean Garlic Bread, Goguma Ppang, Hokkaido Cheesecake, dan Japanese Milk Bun, sempat viral di Indonesia dan menjadi primadona di toko-toko roti besar maupun lokal.

Naiknya konsumsi dan permintaan akan produk bakery tentu menjadi peluang menjanjikan sekaligus ajang persaingan bagi mereka yang bergerak di bidang baked goods.

Untuk mendukung pemilik bisnis roti agar bisa terus menghadirkan inovasi produk dengan rasa, kualitas, dan presentasi yang menarik, susu bubuk menjadi salah satu bahan yang cukup penting di industri bakery.

Seperti yang telah diketahui, susu merupakan salah satu bahan baku utama yang jadi penentu rasa dan kualitas produk bakery. Selain meningkatkan rasa, susu juga memberikan aroma dan tekstur pada roti-rotian, pastry, hingga kue-kue kering.

Lemak dan protein yang dikandung susu juga sangat baik untuk membuat adonan lebih mengembang, membuat hasil kue lebih empuk, dan memberikan warna coklat yang cantik pada permukaan kue saat dipanggang.

Untuk itulah susu bubuk Wellington dari lini brand Ellenka Professional untuk bakery dapat menjadi pilihan. Meskipun menjadi pendatang baru di pasar susu untuk bakery, Chef Beng Budiarso, finalis MasterChef Indonesia Season 2 sudah mencobanya.

“Aromanya pas untuk kue dan roti. Susu bubuk bikin kue baking-an ku lebih harum dan moist,” ucap pria yang akrab disapa Chef Beng ini.

Head of Commercial LNK, Juwono Hartanto menambahkan, Wellington memiliki kandungan yang memang dibuat sesuai untuk kebutuhan industri bakery dan pastry sehingga membuat roti dan kue yang dihasilkan lebih mengembang sempurna, memiliki wangi dan cita rasa khas susu yang menggugah selera.