Ini 8 Minuman Alami Pembersih Ginjal Selain Air Putih

Kesehatan4657 views

Inionline.id – Perhatikan makanan dan minumanmu, kasihan lho ginjalnya. Kalau sudah kasihan sama ginjal, ada baiknya untuk minum minuman pembersih ginjal alami.

Ginjal adalah dua organ kecil yang terletak di kedua sisi tulang belakang, di bawah tulang rusuk. Keduanya memainkan peran penting dalam membuang kelebihan zat tak dibutuhkan tubuh, menyeimbangkan elektrolit, dan menciptakan hormon

Mengutip berbagai sumber, membersihkan ginjal tau detoksifikasi ginjal biasa dilakukan dengan makanan khusus, diet khusus, dan lainnya. Tapi ada juga minuman pembersih ginjal yang ampuh.

Namun secara umum, ginjal tidak memerlukan “pembersihan” khusus.Ginjal Anda akan berfungsi dengan baik jika Anda minum cukup air dan makan banyak buah dan sayuran.

Air adalah minuman terbaik untuk kesehatan ginjal.Biasanya orang dewasa dianjurkan minum delapan gelas air per hari.Namun, jumlah tersebut dapat bervariasi berdasarkan usia, kesehatan, dan aktivitas fisik.

Akan tetapi, jika Anda menderita penyakit ginjal, bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan Anda tentang berapa banyak air yang harus Anda minum setiap hari.

Pola makan yang buruk dan stres kronis dapat mengganggu kesehatan, termasuk fungsi ginjal (ginjal).Paparan racun dapat menyebabkan cedera pada ginjal.

Beberapa ramuan herbal yang bisa menjadi minuman pembersih ginjal alami antara lain:

1. Air jahe atau teh jahe

Dipercaya dapat membatasi toksisitas ginjal yang berbahaya dan berpotensi merusak ginjal.

2. Ginseng

Dapat membantu meningkatkan efektivitas dengan cisplatin (kemoterapi) toksisitas.

3. Kunyit

Diduga dapat mengurangi urea dalam urine, mencegah peradangan pada ginjal, dan membantu mengeluarkan limbah.

4. Jus bit

Untuk meningkatkan aliran darah ke ginjal.Sebuah studi kecil pada tahun 2021 tidak menemukan manfaat nyata.9

5. Jus semangka dan lemon

Buah yang mengandung asam sitrat dipercaya dapat membantu mencegah batu ginjal. Asam sitrat mengikat kalsium, yang mencegah pertumbuhan kristal kalsium.

6. Jus cranberry

Ada bukti terbatas bahwa cranberry dapat membantu mencegah infeksi saluran kemih.

7. Teh herbal Hortensia

Hydrangea adalah semak berbunga cantik, terkenal dengan bunga lavender, merah jambu, biru, dan putihnya.

penelitian pada hewan baru-baru ini menemukan bahwa ekstrak Hydrangea panikulat yang diberikan selama 3 hari memberikan efek perlindungan terhadap kerusakan ginjal.Hal ini kemungkinan disebabkan oleh kemampuan antioksidan tanaman.

8. Teh herbal sambong

Sambong adalah semak iklim tropis, umum di negara-negara seperti Filipina dan India.

Peneliti menemukan bahwa ekstrak Blumea balsamifera yang ditambahkan ke kristal kalsium oksalat menurunkan ukuran kristal dari penumpukan urine. Hal ini berpotensi mencegah pembentukan batu ginjal.

Minuman pembersih ginjal alami ini bisa diminum untuk membantu membersihkan ginjal. Tapi jangan lupa juga untuk minum banyak air putih.