Desa Demi Kesejahteraan Petani, Ganjar Ingin Revitalisasi Koperasi Unit

Politik857 views

Inionline.id – Calon presiden, Ganjar Pranowo mengatakan perlunya merevitalisasi  (KUD) agar dapat menyelesaikan permasalahan yang sering dihadapi para petani terkait ketersediaan pupuk hingga kesejahteraan.

“Di banyak tempat pupuk sulit, harga beras mahal, yang saya bayangkan, kenapa kita enggak hidupkan lagi KUD lagi,” kata Ganjar di acara saresehan nasional yang diadakan oleh IKA Universitas Negeri Makassar (UNM), Sabtu (18/11).

Pada pemaparannya Ganjar juga menyoroti kebutuhan dan melatih para pengelola koperasi sehingga menjadi pendamping yang profesional.

Menurut dia KUD harus bekerja baik yang diharapkan bisa menumbuhkan kewirausahaan baru bagi para petani.

“Saya kira perlu direvitalisasi kekuatannya. Dan ini kalau bisa kita lakukan, maka petani-petani kita akan punya banyak sekali kenyamanan, keamanan, bahkan membangun entrepreneur di antara mereka untuk bisa saling berkolaborasi dan melengkapi,” ungkapnya.

Kemudian capres nomor urut tiga ini menekankan upaya mempermudah pendirian koperasi, sehingga masyarakat berbagai daerah bisa lebih banyak mendirikan koperasi dan memberikan kemudahan lainnya yang dibutuhkan oleh masyarakat dan petani melalui KUD.

“Dan inilah yang mesti kita lakukan agar mereka bisa mendapatkan akses yang lebih mudah, dari, oleh untuk anggota yang lebih banyak lagi bisa diberikan,” pungkasnya.

Pada acara sarasehan nasional IKA UNM di Makassar Ganjar ditunjuk sebagai pembicara di hadapan ribuan alumni UNM dengan tema Demokrasi dan Ekonomi.