Berikut ini Cara Melihat Direct Message Twitter yang Sudah Lama dengan Mudah

Iptek4457 views

Inionline.id – Pengguna dapat mencoba cara melihat direct message Twitter yang sudah lama tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

Twitter atau yang kini berganti nama menjadi X, telah menghadirkan fitur pencarian di direct message alias DM dengan lebih spesifik.

Melalui akun @TwitterSupport atau yang kini @Support, Twitter mengatakan bahwa fitur pencarian percakapan spesifik ini memang sudah lama dinantikan penggunanya.

“We know you’ve been waiting for the option to search your DMs Now you can use the search bar in your inbox to find specific messages using keywords and names,” tulis akun tersebut pada 24 Maret 2022.

Kolom pencarian sendiri memang sudah ada tetapi pengguna hanya dapat mencari berdasarkan nama atau grup obrolan bukan jenis topiknya.

Sebelumnya, pengguna perlu menggulir layar untuk mencari percakapan secara spesifik sehingga memakan waktu dan kurang efisien.

Akan tetapi pembaruan ini tidak menghilangkan opsi untuk mencari obrolan berdasarkan nama pengguna lain yang diajak berbincang di DM atau grup obrolan.

Sebab kedua opsi tersebut masih tersedia dan dapat digunakan seperti biasanya, seperti yang dikutip dari laman The Verge.

Cara Melihat Direct Message Twitter yang Sudah Lama

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mencari DM yang sudah lama, yakni menggunakan nama pengguna atau username yang diajak berbincang atau kata kunci atau keyword topik obrolan.

Dikutip dari laman Bantuan Twitter, berikut ini cara melihat direct message Twitter yang sudah lama.

1. Username

-Masuk ke akun Twitter.
-Navigasi ke DM lalu klik bagian pencarian.
-Masukkan nama username atau pengguna yang ingin dicari percakapannya.
-Nama pengguna akan muncul, untuk langsung ke pesan klik pada hasil pencarian.

2. Keyword

-Masuk ke akun Twitter.
-Navigasi ke DM lalu klik bagian pencarian
-Masukkan kata kunci topik obrolan yang ingin dicari percakapannya.
-Sejumlah topik yang dicari akan muncul, untuk langsung ke pesan klik pada hasil pencarian.

Cara Menyematkan Direct Message

Selain mencari DM lama, pengguna juga dapat menyematkan DM yang diinginkan hingga enam percakapan sekaligus.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyematkan percakapan favorit ke bagian atas kotak masuk DM sehingga memudahkan pengguna untuk menemukannya.

Pesan yang disematkan akan muncul di bagian atas kotak masuk dan percakapan tersemat muncul dari atas ke bawah sesuai urutan pengguna menyematkannya. Berikut langkahnya.

-Masuk ke akun Twitter.
-Lalu masuk ke kotak masuk DM.
-Buka percakapan yang ingin disematkan ke bagian atas kotak masuk DM lalu sentuh atau klik ikon titik tiga di bagian kanan.
-Pilih ‘Sematkan Percakapan’.
-Untuk menghapus percakapan dari daftar ‘Percakapan Tersemat’ sentuh atau klik ikon titik tiga untuk membatalkan menyematkan percakapan.

Demikian cara melihat direct message Twitter yang sudah lama. Semoga membantu!