Berikut ini 9 Destinasi Wisata yang Sebaiknya Tidak Kamu Kunjungi Untuk Liburan Pada 2024

Inionline.id – Tahun 2023 akan segera berakhir. Pergantian tahun pun disambut dengan sukacita. Bahkan banyak orang sudah mulai merencanakan ke mana destinasi liburan mereka di tahun 2024.

Nah, bagi Anda yang juga akan segera berlibur, jangan sampai salah memilih destinasi ya! Pasalnya, Fodor, seperti dilansir Travel off Path, baru saja merilis “No List”, daftar destinasi yang sebaiknya tidak Anda kunjungi di tahun 2024.

Sebagai catatan, ini bukanlah aturan baku. Faktanya, banyak pelancong yang masih melakukan perjalanan ke destinasi-destinasi ini dan mungkin memiliki waktu yang menyenangkan.

Dalam menyusun “No List”, Fodor berfokus pada 3 faktor utama, yakni overtourisme, produksi sampah dan kualitas dan kecukupan air. Nah berikut adalah alasan mengapa para pakar perjalanan yakin, jika Anda harus menghindari 9 destinasi ini pada tahun 2024:

Destinasi Yang Harus Dihindari Karena Overtourisme

1. Venesia, Italia

Kota Kanal di Dunia Selain Venesia (Google Maps)

Ya, tidak ada tempat seperti Venesia. Sayangnya, kota indah ini menjadi daftar utama karena tidak terlihat melakukan perbaikan yang cukup di sejumlah destinasinya yang luar biasa dipenuhi wisatawan.

Entah itu lumba-lumba di kanal atau banjir ekstrem, kota ini tidak memenuhi syarat untuk menjadi Situs Warisan Dunia berikutnya. Strategi sedang dirancang untuk memerangi kerumunan orang, tetapi apakah biaya masuk sebesar $5 benar-benar akan membuat perbedaan?

2. Athena, Yunani

Athena, Yunani (shutterstock)

Salah satu tempat paling trendi di Eropa tahun ini adalah Yunani. Setidaknya banyak yang menjadikan Athena sebagai titik perhentian pertama mereka di negara ini.

Sayangnya, pengelolaan yang buruk terhadap masuknya wisatawan menyebabkan beberapa masalah besar terhadap situs budaya mereka dan Acropolis yang ikonik.

Protokol baru telah ditetapkan dalam upaya melestarikan bangunan paling bersejarah di negara ini. Popularitas wisata sehari dengan kapal pesiar semakin meningkat dan kota ini tidak mampu menanganinya.

Ada banyak tempat menakjubkan lainnya di Mediterania yang menunggu untuk ditemukan sambil memasukkan Acropolis lebih jauh ke dalam.

3. Gunung Fuji, Jepang

Kaki Gunung Fuji, Tempat Pertama untuk Menjajal International Roaming Smartfren. (Suara.com/Vania)

Gunung Fuji telah menyaksikan begitu banyak wisatawan setiap harinya sehingga Jepang secara terbuka mendorong wisatawan untuk lebih banyak keluar jalur.

Meskipun keindahannya sangat menarik untuk disaksikan, pengunjung tidak menyadari bahaya dari umur panjang keajaiban alam tersebut dan risiko keselamatan pribadi saat mendakinya.

Potensi ini menjadi mimpi buruk karena antrean panjang pendaki menjadi penghalang dalam situasi darurat. Penduduk setempat menuntut langkah-langkah keamanan baru dari pemerintah.

Titik tertinggi di Jepang ini telah menyaksikan pengunjung yang tidak bertanggung jawab meninggalkan sampah dan tidak membayar biaya untuk membantu konservasi – sebuah pukulan ganda.

Tanpa pengelolaan yang tepat, foto selfie dan kartu pos sekali seumur hidup yang bisa Anda terima di bagian atas tidak akan sebanding dengan apa yang Anda dapatkan.

Tujuan Yang Harus Dihindari Karena Produksi Sampah

4. Monumen Nasional Pegunungan San Gabriel, California

Sebagai negara bagian yang tampaknya paling bangga menjadi yang terdepan dalam konservasi dan keberlanjutan, Anda mungkin berpikir California akan melestarikan situs alam dengan lebih baik.

Ternyata tidak. Bagian negara yang ingin melarang mobil berbahan bakar bensin pada tahun 2035, California memiliki awal yang buruk dalam menjadikan dunia lebih hijau, setidaknya dengan tujuan ini.

Kombinasi jumlah pengunjung dengan kurangnya kebijakan lingkungan membuat San Gabriel tidak bisa jadi pilihan pada tahun 2024.

Bayangkan, ada 8.000 pon sampah telah dibuang oleh para sukarelawan, dengan solusi terbaik saat ini adalah membiarkan alam pulih dari terlalu banyak wisatawan dan pengelolaan yang ceroboh.

5. Teluk Ha Long, Vietnam

Vietnam yang indah telah menyaksikan lonjakan wisatawan tahun ini. Jika Anda salah satu dari jutaan orang yang berencana mengunjungi Ha Long Bay, Anda mungkin harus menjadwal ulang atau mengubah tujuan.

Pariwisata memberikan dampak negatif terhadap masyarakat lokal, dan kebijakan konservasi sudah diabaikan. Teluk ini penuh dengan sampah dan solar, sehingga merugikan komunitas nelayan dan satwa liar.

Wisata perahu yang sering digunakan pengunjung tidak menyadari dampak riak yang akhirnya merugikan Situs Warisan Dunia UNESCO ini.

6. Gurun Atacama, Chili

Suasana di Gurun Atacama (Wikimedia Commons Wesscottm)

Sebagai pemenang destinasi ‘paling romantis’ World Travel Awards, mereka pasti melewatkan bagian tentang tempat pembuangan sampah besar-besaran di gurun pasir.

Ya, betapapun indahnya Gurun Atacama dengan keajaiban alamnya, seperti geyser, gurun ini juga merupakan rumah bagi tempat pembuangan besar tekstil bekas.

Ini bukanlah tempat yang meneriakkan romansa. Karena pemerintah Chili tidak mengizinkan bahan-bahan tertentu dimasukkan ke dalam tempat pembuangan sampah, tempat pembuangan sampah tersebut menjadi sangat besar sehingga Anda dapat melihatnya dari luar angkasa!

Gurun ini mungkin dipasarkan sebagai daya tarik wisata utama, namun tidak semuanya ramah lingkungan.

Destinasi Ini Kurang Kualitas dan Kecukupan Airnya

7. Danau Superior, Amerika Utara

Danau air tawar terbesar di planet ini menghadapi banyak masalah, sebagian besar disebabkan oleh pariwisata yang berlebihan dan perubahan iklim.

Pemanasan air menimbulkan dampak yang mengkhawatirkan terhadap lingkungan, termasuk pertumbuhan alga yang menjijikkan. Spesies invasif menyerang perairan dan mempengaruhi ekosistem, sehingga berdampak pada komunitas lokal.

Pengunjung meninggalkan sampah di tempat perkemahan dan membahayakan lingkungan hingga batas maksimalnya. Betapapun indahnya Danau Superior, mungkin ini saatnya untuk beristirahat.

8. Sungai Gangga, India

Peziarah Hindu mencuci pakaian mereka setelah berenang suci di pertemuan Gangga dan Teluk Benggala selama Gangasagar Mela pada kesempatan Makar Sankranti di Pulau Sagar, India, pada (14/1/2022). [DIBYANGSHU SARKAR / AFP]

India adalah tempat mistis yang penuh keajaiban di seluruh negeri, tetapi Sungai Gangga mungkin sebaiknya dilewatkan dalam rencana perjalanan Anda.

Permasalahannya beragam, mulai dari polusi, lumba-lumba yang terancam punah, dan terlalu banyaknya wisatawan dengan kapal pesiar mewah. Polusi telah menjadi masalah besar selama bertahun-tahun.

Namun, agama Hindu masih memandang sungai ini sebagai sungai suci meskipun diperkirakan ada 800 juta galon limbah yang tidak diolah yang dituangkan ke dalam perairan ini.

Bahkan jika Anda memutuskan untuk menambahkan Sungai Gangga ke dalam rencana perjalanan Anda, ini bukanlah tempat yang tepat untuk “berenang bersama lumba-lumba”.

9. Koh Samui, Thailand

Koh Samui adalah destinasi pulau yang populer di Thailand, namun memiliki permasalahan mendasar. Kekurangan air melanda pulau ini karena 70% persediaan air habis dikonsumsi.

Pada musim panas ini, ada peringatan bahwa air tawar hanya tersisa untuk 30 hari saja. Hal ini menyebabkan penduduk setempat harus mengeluarkan uang untuk membeli air kemasan baik untuk keperluan pribadi maupun bisnis.

Banyaknya wisatawan tidak membantu, karena semakin banyak orang berarti semakin banyak konsumsi. Kekurangan air dimulai pada bulan Desember lalu dan masih berlangsung hingga saat ini.

Penduduk setempat percaya bahwa lebih sedikit wisatawan akan membantu pulau ini kembali ke kondisi semula agar bisa menjadi destinasi yang berkembang lagi.