Soal JIS Banjir Saat Piala Dunia U-17, Pj Gubernur DKI Jakarta Buka Suara

Antar Daerah857 views

Inionline.id – Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono buka suara terkait banjir di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara saat pertandingan Piala Dunia U-17 2023.

Heru mengatakan genangan air di halaman stadion itu karena aliran air tersumbat oleh beberapa kabel.

“Sesuai jawaban dari Pak Dirut Jakpro ada beberapa kabel yang menghalangi aliran air,” kata Heru di Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu (15/11).

Heru meminta agar Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta memerhatikan saluran air yang berada di sekitar stadion.

“Soal JIS banjir, saya tadi pagi sudah memerintahkan SDA untuk saluran di sekitar JIS diperhatikan,” ucapnya.

Sebelumnya, sebuah video yang menampilkan penonton Piala Dunia U-172023 di JIS terpaksa melepas alas kaki alias nyeker akibat genangan air di halaman stadion viral di media sosial, Selasa (14/11).

Dalam video tersebut, tampak banyak penonton yang sedang berjalan pulang menghindari genangan air di dekat ramp atau jembatan penghubung di sisi barat stadion.

Genangan air diduga berasal dari air hujan deras yang turun di kawasan JIS pada Selasa (14/11) malam selama pertandingan Inggris vs Iran pada gelaran Piala Dunia U-17 2023.

Perusahaan asal Inggris Buro Happold pernah menyebut desain Jakarta International Stadium (JIS) sebagai solusi anti-banjir.

Buro Happold mengidentifikasi potensi banjir di Jakarta Utara. Oleh karena itu, mereka menitikberatkan desain anti-banjir di stadion itu.

“Tim infrastruktur kami mengembangkan panduan tentang strategi dan manajemen muka air yang inovatif dan berkelanjutan, seperti pengenalan sistem penyaringan air alami untuk menambah ketahanan terhadap banjir,” dikutip dari situs resmi Buro Happold, Senin (10/7).

PT Jakarta Propertindo (JakPro) mengklaim ada keterlibatan Buro Happold dalam pembangunan JIS.