Berikut ini 9 Ciri-ciri Ginjal Bermasalah yang Harus Diwaspadai

Kesehatan157 views

Inionline.id – Ginjal merupakan salah satu organ penting untuk menopang tubuh agar bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan baik. Karena itu, penting untuk mengenal ciri-ciri ginjal bermasalah yang tidak boleh disepelekan.

Ketika ginjal bermasalah, tubuh akan kehilangan kemampuannya untuk membersihkan racun dan kotoran dari darah, mengendalikan tekanan darah, hingga menyaring cairan berlebih dari dalam tubuh.

Saat fungsi ginjal bermasalah, ada beberapa penyakit yang mengintai kesehatan ginjal, mulai dari infeksi ginjal, batu ginjal, gagal ginjal akut, penyakit ginjal kronis atau chronic kidney disease (CKD), serta kanker ginjal.

Masalah pada fungsi ginjal umumnya menimbulkan sejumlah gejala.

Berikut ini 9 ciri-ciri ginjal mulai bermasalah yang perlu kamu ketahui.

1. Lebih cepat lelah dan kurang berenergi

Melansir dari National Kidney Foundation, ginjal yang rusak akan kehilangan kemampuan untuk membuang racun dan kotoran dari dalam tubuh melalui urine, sehingga menyebabkan racun dan kotoran menumpuk di darah. Hal ini akan mempengaruhi aliran darah ke otak sehingga menyebabkan Anda merasa lelah dan sulit berkonsentrasi.

Komplikasi lain dari penyakit ginjal adalah anemia atau kekurangan sel darah merah, yang dapat menyebabkan tubuh merasa lesu dan lelah.

2. Mengalami masalah tidur
Ketika ginjal tidak menyaring dengan baik, racun tetap berada di dalam darah dan tidak keluar dari tubuh melalui urine. Hal ini dapat membuat Anda sulit tidur.

Gangguan sleep apnea juga lebih umum dialami oleh mereka yang memiliki penyakit ginjal dibandingkan dengan orang dengan ginjal yang sehat.

3. Kulit terasa gatal

Mengutip WebMD, kondisi ini mungkin terjadi jika ginjal Anda tidak dapat mengeluarkan racun dan menumpuk di dalam darah. Itu bisa menyebabkan ruam atau membuat seluruh tubuh Anda gatal.

Seiring waktu, ginjal mungkin tidak mampu menyeimbangkan mineral dan nutrisi dalam tubuh. Hal ini dapat menyebabkan penyakit mineral dan tulang, yang dapat membuat kulit terasa kering dan gatal.

4. Bengkak pada wajah dan kaki

Saat ginjal tidak dapat membuang natrium dengan baik, cairan menumpuk di dalam tubuh. Hal ini dapat menyebabkan tangan, kaki, pergelangan kaki, tungkai, atau wajah menjadi bengkak.

Anda mungkin merasakan pembengkakan terutama di kaki dan pergelangan kaki. Selain itu, protein yang keluar melalui urine bisa terlihat seperti bengkak di sekitar mata.

5. Urine berbusa

Ciri-ciri ginjal mulai bermasalah berikutnya adalah urine berbusa.

Ginjal yang sehat akan bekerja untuk membuang racun dan kotoran yang tak dibutuhkan tubuh sekaligus menyimpan nutrisi yang baik bagi tubuh, contohnya adalah protein.

Ketika ginjal rusak dan mengalami kesulitan untuk menyaring darah, ginjal akan ikut melepas protein dari dalam darah untuk dibuang bersama racun dan kotoran melalui urine.

Akibatnya urine akan mengandung busa yang terlihat seperti telur yang sudah dikocok. Hal ini karena protein yang ditemukan pada urine umumnya adalah protein albumin, protein yang sama dengan yang ditemukan pada telur.

6. Darah pada urine

Ketika menyaring racun dan kotoran dalam tubuh dan membuangnya melalui urine, ginjal yang sehat juga akan bekerja untuk menjaga sel-sel darah. Namun saat ginjal rusak, sel-sel darah akan bocor ke dalam urine dan menyebabkan urine berwarna merah muda atau kemerahan.

Segera ke dokter jika terdapat darah pada urine, karena selain menjadi pertanda penyakit ginjal hal ini juga bisa menunjukkan penyakit lain seperti infeksi atau tumor pada saluran kemih.

7. Nafsu makan menurun

Meskipun penurunan nafsu makan tak menjadi gejala khas penyakit ginjal, namun penumpukan racun karena terganggunya fungsi ginjal juga dapat menjadi penyebab dari nafsu makan yang buruk.

Nafsu makan akibat penyakit ginjal biasanya terjadi dalam jangka waktu lama tanpa ada sebab yang pasti.

8. Kram otot

Ketidakseimbangan elektrolit dan mineral juga bisa terganggu ketika fungsi ginjal terganggu. Akhirnya kadar kalsium dan fosfor dalam tubuh akan menjadi tak terkontrol dan bisa menyebabkan kram otot.

9. Sesak napas

Saat menderita penyakit ginjal, organ tubuh tidak menghasilkan cukup hormon yang disebut eritropoietin. Hormon ini memberi sinyal pada tubuh Anda untuk membuat sel darah merah.

Tanpa eritropoietin bisa terkena anemia dan sesak napas. Penyebab lainnya adalah penumpukan cairan. Anda mungkin kesulitan mengatur napas. Dalam kasus yang serius, berbaring mungkin membuat Anda merasa seperti tenggelam.

Itulah 9 ciri-ciri ginjal bermasalah yang harus diwaspadai dan tidak boleh disepelekan. Segera konsultasikan ke dokter jika Anda sering mengalami ciri-ciri di atas.