Beasiswa Microcredential untuk Guru, Tapi Manfaatnya dapat Dirasakan Siswa

Pendidikan1057 views

Inionline.id – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyediakan beragam program beasiswa non-gelar microcredential bagi guru dan tenaga pendidik. Beragam program ini memberikan kesempatan bagi tenaga pendidik untuk mengembangkan diri dan kompetensinya.

Meski beasiswa ini diperuntukkan bagi guru, namun manfaatnya bakal dirasakan para siswa. “Jadi tujuannya guru bisa membentuk SDM unggul yang merupakan cermin profil pelajar Pancasila,” kata Direktur Guru PAUD dan Pendidikan Masyarakat Ditjen GTK, Santi Ambarukmi dalam Silaturahmi Merdeka Belajar, Kamis 2 November 2023.

Di samping itu melalui program non-gelar microcredential para guru juga bisa meningkatkan hasil belajar peserta didik. Karena kompetensi guru telah terbentuk dari pendidikan yang ia jalani.

Santi menambahkan, hal ini juga menjadi bagian dari kebijakan Merdeka Belajar. Di mana pendidik bisa menghadirkan ekosistem pendidikan yang berkualitas di satuan pendidikan.

“Kita harapkan banyak guru mengikuti beasiswa non-gelar ini, untuk mendorong peserta didik kita menjadi kreatif, mandiri, berpikir kritis,” tutupnya.