Bantuan Alat Medis hingga Makanan akan Dikirimkan Pemerintah untuk Palestina

Berita1757 views

Inionline.id – Pemerintah bakal mengirim sekitar 33 ton bantuan kemanusiaan ke Palestina pada Sabtu (4/11). Bantuan yang akan dikirimkan terdiri dari peralatan medis, bahan makanan, hingga alas tidur.

Karo Humas SetjenĀ Kementerian Pertahanan Brigjen Edwin Adrian Sumantha menjelaskan bantuan dihimpun dari sejumlah kementerian dan lembaga negara.

“Bantuan yang dikirimkan adalah bantuan dari PMI, Kemenkes, Kemhan, Badan Zakat Nasional, dan Forum Zakat berupa alat kesehatan, peralatan medis, hygiene kit (alat mandi), winter equipment (perlengkapan musim dingin), medical assistance (bantuan kesehatan), bahan makanan, dan sleeping bag (alas tidur) dengan total berat 33.103 kg,” kata Edwin di Kantor Kemhan, Jakarta Pusat, Kamis (2/11).

Ia menjelaskan dua Pesawat Hercules C-130 A-1327 dan A-1328 milik TNI AU disiapkan untuk mengirim bantuan tersebut. Pesawat akan berangkat dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.

“Kru sejumlah 42 orang dan diikuti oleh dua perwira menengah dari Kementerian Pertahanan dalam misi tersebut,” katanya.

Kepala Pusat Penerangan TNI Laksamana Muda Julius Widjojono mengatakan bantuan kemanusiaan itu rencananya akan diterbangkan menuju Mesir lalu diteruskan ke rakyat Palestina.

Ia menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melepas langsung pengiriman bantuan itu pada Sabtu pagi.

“Diperkirakan tiba di Mesir tanggal 6 November 2023,” katanya.

Ia menjelaskan rute penerbangan dalam misi kemanusiaan itu yakni Halim (Jakarta) – Aceh – Yangon (Myanmar) – New Delhi (India) – Abu Dhabi (UEA) – Jeddah (Arab Saudi) – El Arish (Mesir).

Saat ini, serangan pasukan Israel ke Palestina kian memanas. Ribuan warga Palestina, termasuk anak-anak, tewas.

Kondisi di Gaza yang sudah buruk makin memburuk. Fasilitas kesehatan di wilayah ini juga mulai kewalahan menampung pasien.