333 Ribu Calon Penerima Rice Cooker Gratis Telah Dikantongi ESDM

Ekonomi157 views

Inionline.id – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengantongi 333 ribu calon penerima rice cooker atau alat masak berbasis listrik (AML) gratis.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jisman Parada Hutajulu mengatakan data tersebut dikumpulkan dari target 500 ribu calon penerima. Targetnya, rice cooker dibagikan pada Desember 2023.

“(Target realisasi) Desember (2023). Dari 500 ribu (calon penerima) sudah masuk data sekitar 300 ribu lebih, 333 ribu per 14 November. Ini lagi divalidasi dan diverifikasi di lapangan supaya nanti by name by address sudah ada, langsung bisa dikirimkan ke masyarakat,” katanya, dikutip dari detikfinance, Kamis (16/11).

Meski begitu, Kementerian ESDM belum menunjuk perusahaan mana yang akan ikut serta dalam pembagian rice cooker gratis. Jisman hanya menjanjikan pengumuman pemenang tender dilakukan minggu ini.

Jisman mengatakan jika sudah ditetapkan perusahaan penyedia rice cooker gratis, maka pemerintah akan langsung melakukan pengadaan. Setelah rangkaian pengadaan rampung, barulah AML itu dibagikan kepada para penerima.

Sebelumnya, Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agus Cahyono menjelaskan proses pembagian rice cooker mendapat banyak tantangan. Salah satunya, dengan Kementerian Keuangan soal revisi daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA), yang baru saja selesai akhir Oktober 2023.

Agus menyebut ESDM masih dalam proses pengadaan rice cooker. Ia mengatakan tender dilakukan terbuka untuk semua pabrikan melalui e-katalog dan diseleksi Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

“Enggak ada tendensi merek A, B, C. Semua tergantung e-katalog, ada proses dan seleksinya. Tanya LKPP prosesnya. Kayak mobil dinas juga itu kan e-katalog. Jadi, prosesnya masuk e-katalog itu yang seleksi LKPP, apakah tingkat komponen dalam negeri (TKDN), purnajual, dan sebagainya,” katanya di Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Jumat (3/11).

Terpisah, Sekretaris Jenderal Gabungan Pengusaha Elektronik (Gabel) Daniel Suhardiman membocorkan setidaknya ada empat perusahaan yang akan ikut tender pengadaan rice cooker tersebut.

“Belum terkonfirmasi semuanya, sepertinya Sanken, Maspion, Cosmos, dan Polytron akan ikut. Untuk merek-merek lain masih belum ada info yang saya terima,” kata Daniel, Selasa (24/10).