Presiden Jokowi Pimpin Upacara HUT ke-78 TNI

Berita1057 views

Inionline.id – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menjadi inspektur upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-78 Tentara Nasional Indonesia (TNI) hari ini di Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Kamis (5/10).

Upacara akan dimulai sekitar pukul 07.24 WIB dengan peniupan terompet. Selanjutnya, acara pokok upacara  HUT TNI itu akan berlangsung pada 08.00 WIB hingga 08.36 WIB

Selaku inspektur upacara, Jokowi memberi amanat dan tanda kehormatan pada puncak HUT ke-78 TNI hari ini.

Deretan aksi udara HUT ke-78 TNI

Sebanyak 78 anggota TNI akan terjun payung di Monas. Mereka dijadwalkan akan menyerahkan buket bunga kepada Ibu Negara Iriana.

Perayaan HUT ke-78 TNI akan dilanjutkan dengan demo udara atau flypast. Delapan helikopter dari tiga matra TNI akan mengibarkan bendera Merah Putih raksasa di langit Monas dan Istana Kepresidenan.

Kemudian jet-jet tempur TNI bakal melintas di langit istana. Beberapa pesawat yang diterjunkan dalam atraksi ini adalah CN 235/295 TNI AU dan TNI AL, C 130 J/H/HS/L- 100, dan T50i.

Ada pula tujuh unit jet tempur F-16 yang akan melakukan manuver boomburst di langit istana.

Defile alutsista TNI

Sebelum acara peringatan HUT ke-78 TNI ditutup, Jokowi akan menyaksikan defile alutsista TNI. Dia juga akan meninjau kesiapan persenjataan yang dimiliki angkatan bersenjata Indonesia.

TNI menerjunkan 4.630 personel pasukan dan 130 Alutsista pada acara hari ini. Asisten Personel (Aspers) Panglima TNI Marsekal Muda (Marsda) Arif Widianto menyebut perayaan HUT TNI tahun ini mengangkat tema “Patriot NKRI, Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju”.

“Ini menandakan bahwa TNI sebagai salah satu pengawal pertahanan dan tentunya tergabung dalam matra darat, laut, dan udara yang selalu kokoh dan kuat, dan akan selalu setia pada bangsa dan NKRI,” ungkap Arif di Monas, Jakarta, Selasa (2/10).