Kolaborasi Rayendra Center dan Gerkatin Gelar Semarak Sumpah Pemuda: Bersama Teman Tuli Penentu Langkah Kedepan

Antar Daerah357 views

BOGOR, Inionline.id – Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, Pengurus Rayendra Center berkolaborasi dengan Gerakan Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia (Gerkatin) Kota Bogor menggelar acara bertajuk “Semarak Sumpah Pemuda: Bersama Teman Tuli Penentu Langkah Kedepan”.

Acara yang dilangsungkan di salah satu kafe di kawasan Jalan Kolonel Ahmad Syam atau Pandu Raya, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor ini diikuti puluhan pemuda penyandang tuna rungu.

Founder Rayendra Center Dr. dr. Raendi Rayendra, spKK, M.Kes, FINSDV, FAADV menyampaikan, kegiatan ini selain menjadi ajang silaturahmi sekaligus memberikan wadah bagi para kaum muda khususnya “teman tuli” untuk menyampaikan aspirasi, ide kreatif, dan harapan bagi Kota Bogor tercinta.

“Peringatan Hari Sumpah Pemuda di tahun ini, kebetulan saya mengajak teman-teman dari Gerkatin Cabang Bogor yang kebetulan hadir juga ketuanya dari DPD Jawa Barat. Jadi, tujuan saya mengajak komunitas “teman tuli” ini, kita ingin mewadahi bahwa ada komunitas lain yang perlu kita rangkul. Semua kalangan khususnya pemuda kita wadahi aspirasinya agar bisa ikut serta dalam pembangunan dan perjalanan kita kedepannya,” kata Rayendra, Sabtu (28/10/2023).

Menurut dokter ahli kesehatan kulit ini, pergerakan pemuda itu telah ada sebelum terjadi kemerdekaan. Bahkan kemerdekaan Indonesia, diawali dari adanya gerakan sumpah pemuda dari para pemuda Indonesia.

Namun, di sisi lain masih ada komunitas kepemudaan yang mungkin ingin ikut berperan seperti dalam hal pembangunan, tetapi memiliki keterbatasan.

“Karena itu saya ajak supaya kedepannya dari kelompok atau komunitas seperti ini bisa ikut serta dalam proses apapun kegiatan ataupun pembangunan di sebuah kota,” ujarnya.

Rayendra mengatakan akan terus berkolaborasi dengan komunitas kepemudaan, seperti halnya Gerkatin Kota Bogor. “Kedepan saya akan terus berkolaborasi dan bersilaturahmi dengan kelompok atau komunitas seperti ini,” tandasnya.

Salah seorang perwakilan penyelenggara, Tiara Safitri mengatakan, acara ini diikuti sekitar 70 pemuda pemudi dari Gerkatin dan kegiatan ini perdana yang mengajak komunitas tuna rungu di Hari Sumpah Pemuda di Kota Bogor.

“Sesuai tema yang diusung hari ini, “Semarak Sumpah Pemuda: Bersama Teman Tuli Penentu Langkah Kedepan” di sini kita ingin dengar visi misi mereka dan tanggapan mereka untuk Kota Bogor kedepannya seperti apa,” tuturnya.

Tiara mengatakan, dengan adanya kegiatan ini aspirasi- aspirasi mereka yang selama ini terpendam dan tidak pernah tahu bisa tersampaikan dalam wadah ini.

“Karena acara ini juga menjadi sebuah wadah, aspirasi untuk teman-teman Gerkatin dan aspirasinya nanti akan kita tampung sebagai masukan untuk kemajuan Kota Bogor yang lebih baik lagi kedepannya,” tandasnya.