Dewan Jabar Supono Fokus Kembangkan Sentra Perdagangan Lokal Desa Purwasari

Antar Daerah157 views

Bogor, Inionline.id – Anggota DPRD Jawa Barat daerah pemilihan (dapil) Kabupaten Bogor H. Supono memperhatikan aspirasi masyarakat Desa Purwasari, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, soal keinginan mereka adanya sentra perdagangan komoditi lokal di wilayah desanya.

Hal ini diungkapkan Kepala Desa (Kades) Purwasari Mohamad Yusup saat reses I tahun sidang 2023-2024 H. Supono, Rabu (11/10/2023).

Menurut Yusup setiap malam banyak pedagang sayur lokal Purwasari keluar desa untuk belanja sayur mayur.

“397 pedagang sayur di Purwasari belanjanya ke Ciomas, Pasar Bogor, padahal asal sayurnya dari Desa Purwasari,” ujarnya.

Kades berharap, ada program Pemerintah Provinsi yang bisa mendorong agar komoditi sayur dan buah lokal Purwasari dibuatkan sentra dagang sehingga para pedagang bisa mendapatkan harga modal yang lebih terjangkau.

Merespon hal ini, H. Supono merasa tertarik untuk mendalami dan mengadvokasi aspirasi sentra perdagangan lokal Desa Puwasari.

“Saya memikirkan operatornya ini nanti Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) sehingga banyak masyarakat bisa berdaya, pedagang memperoleh harga murah dan desa mendapatkan pemasukan,” katanya.

Politisi PAN ini bakal membawa catatan aspirasi ini dalam rapat fraksi di DPRD Jabar guna nantinya ditindak lanjuti dalam nota komisi dan rapat-rapat paripurna.

“Ini menjaring aspirasi untuk tahun anggaran 2025, kemungkinan Jawa Barat nantinya diera gubernur baru jadi mohon ditunggu,” pungkasnya.