Berikut ini Cara Cek Hp Masih Bisa Pakai WhatsApp atau Tidak

Iptek157 views

Inionline.id – Sejumlah smartphone Android dipastikan tidak bisa lagi menggunakan WhatsApp mulai hari ini, Selasa (24/10). Simak cara mengecek apakah Hp Anda tetap dapat dukungan dari Whatsapp atau tidak.

Merujuk keterangan di laman Pusat Bantuan (Help Center), WhatsApp mengungkap platformnya punya batasan dukungan terhadap sistem operasi (OS) di ponsel. Makin lawas, OS itu makin ditinggalkan.

“Catatan: Mulai 24 Oktober 2023, hanya OS Android versi 5.0 dan yang lebih baru yang akan didukung,” demikian keterangan WhatsApp.

Lalu, bagaimana cara mengecek apakah Hp Anda termasuk dalam daftar yang tidak bisa menggunakan WA?

Anda dapat memeriksa menu pengaturan pada ponsel cerdas Anda untuk melihat apakah mendapat dukungan. Caranya, Aktifkan Pengaturan (Settings) > Tentang ponsel (About phone) > Informasi perangkat lunak (Software information).

Mayoritas ponsel cerdas memberikan informasi terkait seri androidnya pada “About phone” atau tentang ponsel di Pengaturan. Sehingga Anda dapat dengan mudah mengetahui Hp Anda masih mendapatkan dukungan Whatsapp atau tidak.

Kemudian, untuk gadget terbitan Apple, WhatsApp belum mengubah kebijakan yang terakhir kali diperbarui pada Oktober 2022. Seri yang paling lawas yang masih bisa memakai WhatsApp adalah iPhone 5S.

“Kami mendukung iOS 12 atau yang lebih baru, tetapi kami sarankan untuk menggunakan versi terbaru yang tersedia,” tulis perusahaan.

WhatsApp menyampaikan pencabutan dukungan itu terkait fokus sumber daya terkait perkembangan teknologi.

“Untuk mengikuti kemajuan teknologi terbaru, kami secara rutin menghentikan dukungan terhadap sistem operasi yang lebih lama dan mengarahkan sumber daya kami untuk mendukung sistem operasi terbaru.”

Meski demikian, perusahaan mengaku akan memberi tahu jika akan mencabut dukungan dari ponsel Anda.

“Jika kami menghentikan dukungan terhadap sistem operasi yang Anda gunakan, Anda akan diberi tahu dan diingatkan beberapa kali untuk meningkatkan perangkat Anda agar dapat terus menggunakan WhatsApp,” kata perusahaan.

Dengan informasi resmi ini, maka Anda minimal harus memiliki Hp dengan sistem operasi seperti:
+ Hp Android dengan versi 5.0 atau lebih baru.
+ iPhone dengan iOS 12 atau lebih baru (minimal iPhone 5S).
+ Ponsel KaiOS pada KaiOS 2.5.0, termasuk JioPhone dan JioPhone2.

Berdasarkan panduan itu, berikut daftar Hp yang sudah tidak bisa memakai WhatsApp per hari ini, 24 Oktober, dikutip dari India Today:

1. Samsung Galaxy S2
2. Nexus 7
3. iPhone 5
4. iPhone 5c
5. Archos 53 Platinum
6. Grand S Flex ZTE
7. Grand X Quad V987 ZTE
8. HTC Desire 500
9. Huawei Ascend D
10. Huawei Ascend D1
11. HTC One
12. Sony Xperia Z
13. LG Optimus G Pro
14. Samsung Galaxy Nexus
15. HTC Sensation
16. Motorola Droid Razr
17. Sony Xperia S2
18. Motorola Xoom
19. Samsung Galaxy Tab 10.1
20. Asus Eee Pad Transformer
21. Acer Iconia Tab A5003
22. Samsung Galaxy S
23. HTC Desire HD
24. LG Optimus 2X
25. Sony Ericsson Xperia Arc3