Berikut ini 5 Tips agar Dapat Manfaat Maksimal Jalan Kaki untuk Diet

Kesehatan057 views

Inionline.id – Manfaat jalan kaki untuk diet rasanya tak diragukan lagi. Jalan kaki adalah salah satu jenis aktivitas fisik yang paling ringan dan mudah, yang dapat membantu proses penurunan berat badan.

Selain untuk diet, rutin jalan kaki juga bermanfaat bagi kesehatan secara menyeluruh. Jalan kaki dapat menjauhkan Anda dari ancaman berbagai penyakit kronis seperti masalah jantung, diabetes, dan masih banyak lagi.

Cukup berjalan selama 45-60 menit setiap setengah hari saja disebut dapat membuka potensi penurunan berat badan dari jalan kaki.

Tips jalan kaki untuk diet

Berjalan kaki memang sudah menjadi awal yang baik dalam perjalanan menurunkan berat badan. Hanya saja, manfaat jalan kaki untuk diet akan lebih maksimal jika Anda mengikuti beberapa tips berikut, merangkum berbagai sumber.

1. Jalan di siang-sore hari
Mengutip Eat This Not That, tubuh cenderung membakar kalori lebih banyak pada siang hari. Hal ini ditemukan dalam studi yang dipublikasikan di Physiological Reports. Studi melacak sekelompok pria kelebihan berat badan saat berolahraga di pagi atau siang-sore hari.

Peserta yang aktif di sore hari kehilangan lebih banyak lemak tubuh dibandingkan mereka yang berolahraga sama di pagi hari.

Jika Anda merasa lesu di sore hari, pertimbangkan untuk minum kopi sebelum berjalan kaki. Studi menemukan, asupan kopi 30 menit sebelum aktivitas fisik dapat meningkatkan laju pembakaran lemak.

2. Jalan cepat
Sebuah studi menemukan bahwa jalan cepat dapat membakar kalori dan lemak lebih besar daripada jalan kaki dalam intensitas ringan atau santai.

3. Ubah kecepatan dan cari cara baru
Tak apa jika sesekali ingin berjalan santai karena lelah. Tapi, jika energi sudah kembali terisi, tak ada salahnya untuk kembali mengubah kecepatan jadi lebih tinggi.

Sebuah studi menemukan, mengubah kecepatan berjalan kaki dapat menghasilkan 20 persen lebih banyak kalori yang terbakar daripada mempertahankan di satu kecepatan yang sama selama beraktivitas fisik.

Selain itu, Anda juga bisa mencari variasi berjalan kaki lainnya. Misalnya, menambah beban tas ransel atau berjalan dalam kurva yang berlawanan dengan jalan lurus.

4. Pilih rute menanjak
Cara menambahkan pembakaran kalori adalah dengan berjalan kaki di medan yang menanjak. Anda bisa memasukkan jalur yang menanjak dalam rute jalan kaki.

Meski tidak menyenangkan, namun upaya ekstra yang dilakukan untuk bergerak secara vertikal dapat membantu mempercepat penurunan berat badan.

5. Tambah beberapa aktivitas fisik
Tak ada salahnya jika Anda ingin menambah beberapa latihan lainnya ke dalam rutinitas berjalan kaki. Penambahan ‘menu’ aktivitas fisik dapat mempercepat pembakaran lemak.

Misalnya, Anda bisa berhenti berjalan kaki setiap 10 menit. Lalu isi waktu beristirahat dengan aktivitas fisik lainnya seperti squat, push-up, atau lunge.

Demikian beberapa tips demi mendapatkan manfaat maksimal jalan kaki untuk diet. Selamat mencoba!