Berikut ini 5 Manfaat Sarapan yang Jarang Diketahui

Kesehatan257 views

Inionline.id – Sarapan adalah makan pagi yang punya banyak manfaat untuk kesehatan namun masih banyak yang melewatkannya. Simak sejumlah manfaat sarapan yang jarang diketahui orang.

Banyak orang melewatkan waktu sarapan dengan alasan kesibukan atau bahkan ogah ribet. Padahal, sarapan bukan hanya berfungsi sebagai penghilang rasa lapar.

Ketika bangun tidur, sistem cerna Anda kosong dan harus diisi supaya Anda dapat mengerjakan berbagai aktivitas. Dengan sarapan, tubuh punya bekal energi yang cukup dan menjadi lebih siap untuk melakukan aktivitas apa pun sepanjang hari.

Melansir laman Kemenkes, menghindari sarapan hanya akan membuat Anda lebih memilih camilan dengan kadar gula tinggi yang berbahaya. Pasalnya jenis makanan ini berpotensi menaikkan berat badan hingga membuat tekanan darah Anda kacau.

Karena itu Anda disarankan untuk konsumsi sarapan dengan karbohidrat kompleks dan cukup protein.

Melansir berbagai sumber, berikut ini manfaat sarapan untuk kesehatan yang masih jarang diketahui:

1. Menyehatkan jantung

Mengutip Consumer Reports, orang yang selalu melewatkan sarapan akan lebih mungkin mengembangkan penyakit jantung. Selain itu, orang yang tak sarapan cenderung naik berat badannya, sehingga dapat menyebabkan diabetes, kolesterol, dan hipertensi yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

2. Menurunkan risiko diabetes tipe 2

Sarapan dapat mencegah lonjakan atau fluktuasi kadar glukosa penyebab diabetes. Sebuah penelitian terhadap 30.000 pria menemukan bahwa tidak sarapan meningkatkan risiko diabetes sebesar 21 persen.

Terlebih jika Anda memiliki kebiasaan hanya dengan minum secangkir kopi di pagi hari akan cenderung mengalami kenaikan glukosa.

3. Meningkatkan fungsi otak

Penelitian yang melibatkan orang dewasa dan anak-anak menunjukkan bahwa sarapan dapat meningkatkan daya ingat, konsentrasi, kecepatan pemrosesan informasi, penalaran, kreativitas, dan kemampuan verbal.

Para ilmuwan di Universitas Milan di Italia menemukan manfaat itu mungkin merupakan dampak dari stabilnya kadar glukosa yang didapat dari sarapan.

4. Terhindar dari obesitas

Satu studi dalam jurnal Obesity menemukan bahwa orang gemuk yang melakukan diet dan sarapan cenderung cepat menurunkan berat badannya. Kuncinya adalah mengonsumsi banyak makan pagi ketimbang makan malam.

5. Membuat tubuh aktif bergerak

Penelitian dalam American Journal of Clinical Nutrition (AJCN), orang yang makan sarapan akan lebih aktif daripada yang tidak. Ini karena terjadi peningkatan gula darah yang memberi mereka lebih banyak energi.

Itulah sejumlah manfaat sarapan untuk kesehatan yang jarang diketahui. Jangan sampai melewatkannya!