Berikut ini 4 Manfaat Makan Tteokbokki

Inionline.id – Penggemar drama Korea semestinya sudah familiar dengan tteokbokki. Makanan khas Korea tersebut kini juga sudah semakin mudah ditemukan di Indonesia.

Tteokbokki terbuat dari bahan utama tepung beras. Bumbu gochujang berwarna merah juga menjadi ciri khas dan memberikan rasa yang bikin ketagihan banyak orang.

Walau kalorinya terbilang tinggi, tteokbokki tetap mempunyai beberapa manfaat bagi tubuh. Merangkum Hello Sehat, berikut manfaat makan tteokbokki.

Tteokbokki dengan bumbu gochujang (Pixabay/gilwe1314)

Meningkatkan metabolisme tubuh

Sensasi pedas dari bumbu gochujang disebut bisa mempercepat metabolisme tubuh. Zat capsaicin yang terdapat pada cabai memang dipercaya merangsang pengeluaran energi.

Meski demikian, tentunya hal tersebut perlu diimbangi dengan pola makan sehat dan olahraga teratur. Dengan begitu, sistem metabolisme tubuh dapat bekerja secara optimal.

Mencegah penyakit jantung

Bumbu gochujang pada sajian tteokbokki terbuat dari bubuk cabai yang ternyata bisa membantu melindungi dan menjaga kesehatan jantung.

Sebuah penelitian dalam jurnal Nutrition & Metabolism menyebutkan bahwa gochujang terbuksi mampu menurunkan lemak perut dan kadar trigliserida yang menjadi faktor risiko penyakit jantung.

Membakar lemak

Senyawa capsaicin dalam bumbu gochujang juga bisa meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh. Pada akhirnya, ini bisa membantu Anda menurunkan berat badan.

Sumber karbohidrat

Tteokbokki juga bisa menjadi salah satu alternatif pengganti nasi karena terbuat dari tepung beras yang mengandung karbohidrat.

Itulah beberapa manfaat makan tteokbokki untuk kesehatan. Meski punya banyak khasiat untuk tubuh, bukan berarti Anda bisa menyantapnya sembarangan. Anda tetap tidak disarankan untuk terlalu mengonsumsi makanan khas Korea ini.

Jika Anda sangat menyukai tteokbokki, jangan lupa untuk selalu mengimbanginya dengan makanan sehat, terutama protein dan sayuran agar kesehatan tetap terjaga.