Apa Hebatnya Copilot, AI di Windows 11?

Iptek657 views

Inionline.id – Microsoft resmi mengumumkan peluncuran asisten digital dengan dukungan kecerdasan buatan (AI), Copilot, pada sistem operasi Windows 11 melalui pembaruan yang meluncur, Selasa (26/9).

Dalam sebuah tulisan di blog resminya, Microsoft menyatakan bahwa Copilot merupakan sebuah langkah maju.

Menurut Microsoft, Copilot bakal menggabungkan konteks dan kecerdasan jaringan, data pekerjaan pengguna di PC ataupun laptop untuk memberikan dukungan yang lebih baik, serta mengutamakan privasi dan keamanan pengguna.

“Ini akan menjadi pengalaman yang sederhana dan mudah, tersedia di Windows 11, Microsoft 365, dan di browser web kami dengan Edge dan Bing,” demikian pernyataan Microsoft dalam blog resminya, Selasa (26/9).

Copilot akan mulai diluncurkan dalam bentuk awalnya sebagai bagian dari pembaruan gratis untuk Windows 11. Selanjutnya, Copilot juga akan dihadirkan di Bing, Edge, dan Microsoft 365.

AI ini hadir di Windows 11 melalui pembaruan versi 22H2. Update ini menghadirkan lebih dari 150 fitur baru yang akan memberdayakan pengguna untuk membuat berbagai hal lebih cepat, hingga menyelesaikan tugas dengan mudah.

Kehadiran Copilot juga diklaim dapat memberikan pengalaman baru yang didukung AI ke aplikasi seperti Paint, Foto, Clipchamp, dan lainnya langsung ke PC Windows Anda.

Tidak hanya itu, mesin pencari Microsoft, Bing juga bakal mendapat dukungan untuk versi ketiga dari DALL-e, platform kecerdasan buatan generatif untuk konten seni visual yang dikembangkan OpenAI.

Sementara itu. Microsoft 365 Copilot akan tersedia secara umum untuk pelanggan pada 1 November 2023, bersama dengan Microsoft 365 Chat, asisten AI baru yang akan mengubah cara Anda bekerja sepenuhnya.

“Selain itu, kami memperkenalkan perangkat Surface baru yang kuat yang menghidupkan semua pengalaman AI ini untuk Anda, dan tersedia untuk pre-order mulai hari ini,” tutur Microsoft.

Selain itu, Bing dan Edge juga bakal mendapat fitur baru seperti jawaban yang dipersonalisasi berdasarkan riwayat obrolan.

Misalnya, jika pengguna menggunakan Bing untuk mencari tahu mengenai tim sepak bola favoritnya, saat pengguna merencanakan perjalanan, Bing dapat secara proaktif memberi tahu pengguna itu jika tim tersebut bermain di kota tujuannya.

Jika pengguna lebih menyukai tanggapan yang tidak menggunakan riwayat obrolan, pengguna dapat mematikan fitur ini di pengaturan Bing.