Termasuk Kampanye, Golkar Sindir Ganjar Muncul di Tayangan Azan

Politik657 views

Inionline.id – Ahmad Doli Kurnia Wakil Ketua Umum Partai Golkar menilai munculnya sosok Bacapres PDIP Ganjar Pranowo dalam sebuah tayangan azan milik salah satu stasiun televisi swasta yang pakai frekuensi publik jelang Pilpres 2024 sudah tergolong konten kampanye.

“Ya iya lah [kampanye]. Maksudnya ngapain kalau tiba-tiba yang tadinya-apa namanya. Kan sebelum ditetapkan sebagai capres dan sebelum Perindo mendukung Pak Ganjar kan enggak ada azan,” kata Doli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (11/9).

Perindo dalam hal ini bersama PPP dan Partai Hanura telah berada di koalisi pendukung Ganjar sebagai capres 2024. Doli selanjutnya menyinggung putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terbaru yang masih melarang agenda kampanye di tempat ibadah.

“Kalau azan, solat itu berkaitan dengan soal ibadah. Jadi secara etik saja harus dipertimbangkan, walaupun tidak ada aturan hukum yang kemudian dilanggar kalau ada soal itu,” imbuhnya.

Doli juga berpendapat kendati dalam sisi regulasi belum ada larangan yang mengatur perihal sosok bacapres dan bacawapres ‘muncul’ di media televisi, namun ia menilai seharusnya peserta Pilpres tetap berjalan pada koridor etik.

Sebab menurutnya dalam masa kampanye nanti, penyelenggara Pemilu pasti akan mengatur terkait dengan batasan dan mekanisme kampanye di industri media. Oleh sebab itu, ia meminta agar para peserta Pemilu mentaati aturan yang ada saat ini.

“Jadi ya harusnya juga dipertimbangkan secara etik gitu ya, karena berkaitan soal ibadah,” ujar Doli.

Kemunculan Ganjar yang merupakan bakal capres PDIP dan PPP dalam tayangan azan televisi swasta mengundang banyak reaksi. Tayangan itu ramai disorot dan dikaitkan dengan politik identitas.

RCTI adalah salah satu stasiun televisi swasta MNC Group yang dimiliki Harry Tanoesoedibjo, pemimpin Partai Perindo. Adapun tayangan azan dibuka dengan pemandangan alam Indonesia. Kemudian, Ganjar muncul menyambut jemaah yang akan salat.

Ganjar tampak mengenakan baju koko berwarna putih, peci hitam dan sarung batik. Dia menyalami dan mempersilakan jemaah yang datang untuk masuk ke masjid. Ganjar juga muncul saat sedang melakukan wudu sebelum salat. Dia pun duduk di saf depan sebagai makmum.

KPI telah meminta stasiun televisi yang menampilkan Ganjar dalam tayangan azan itu memberikan klarifikasi. KPI sudah mengirimkan surat.

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) juga mengaku akan melakukan penelusuran lantaran televisi tersebut menggunakan frekuensi publik dan waktu untuk kampanye capres atau cawapres belum dibolehkan.