Satu Anak Meninggal, Keracunan Massal di Gunungkidul DIY

Berita1157 views

Inionline.id – Sejumlah warga diduga mengalami keracunan usai mengonsumsi makanan yang tersaji pada sebuah acara di Kelurahan Jerukwudel, Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, DIY. Seorang anak dilaporkan meninggal dunia.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, Dewi Irawaty menyebut ada sekitar belasan orang yang diduga mengalami keracunan setelah menyantap makanan pada sebuah acara pertemuan di daerah Jerukwudel, Selasa (19/9).

“Belasan (orang), ada yang anak, ada yang dewasa. Pastinya jumlah (korban) dan acara saya belum dapat info, tapi kayak pertemuan,” kata Dewi saat dihubungi, Jumat (22/9).

Dewi mengatakan berdasarkan informasi awal, mereka yang diduga mengalami keracunan itu rata-rata menderita gejala mual serta muntah-muntah. Dari belasan orang tersebut, lanjutnya, ada satu pasien anak tidak tertolong.

Anak itu sempat dirawat di puskesmas dan dilarikan ke rumah sakit terdekat di daerah Pracimantoro, Wonogiri, Jawa Tengah karena kondisinya berat. Akan tetapi, nyawanya tak tertolong saat dalam perjalanan menuju rumah sakit, Rabu (20/9).

“Yang jelas memang ada yang meninggal tetapi saya belum dapat keterangan juga dari rumah sakit apakah meninggalnya karena keracunan itu. Tapi kalau riwayatnya dia memang ikut makan (hidangan di acara) gitu,” imbuh Dewi.

Sedangkan untuk korban lainnya, menurut Dewi, sekarang ini tidak ada yang sampai dirawat di rumah sakit.

Dewi melanjutkan, saat ini pihaknya tengah mengumpulkan informasi menyangkut peristiwa ini dengan menerjunkan tim ke lapangan. Lalu, memintai keterangan para korban yang saat ini sudah dirawat di rumah masing-masing.

Selanjutnya, mengambil sampel makanan yang diduga memicu keracunan pada belasan orang tersebut dan mengujinya lewat pemeriksaan laboratorium.

“Saya belum dapat laporan lengkap jadi saya belum bisa cerita keseluruhan. Ini baru koordinasi dengan teman-teman yang turun tapi ini baru bisa ketemu,” ujarnya.