Presiden Jokowi Minta Bangun Jalur LRT ke Bogor dan Manggarai

Berita457 views

Inionline.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para menterinya untuk mengkaji pembangunan jalur kereta ringan atau LRT ke Bogor dan Manggarai.

Jokowi menilai LRT Jabodebek yang sudah beroperasi sekarang selalu ramai penumpang. Ia ingin jangkauan LRT diperluas ke daerah-daerah lain.

“Saya minta juga segera di studi pembangunan LRT hingga ke kita Bogor karena kalau kita lihat LRT yang sekarang sudah penuh terus. Dan juga pembangunan jalur LRT Kelapa Gading menuju Manggarai,” kata Jokowi dalam rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (27/9).

Jokowi juga ingin infrastruktur pendukung transportasi publik diperbaiki, sehingga masyarakat tak perlu repot-repot transit antarmoda.

Salah satu gagasan Jokowi adalah sistem pemesanan tiket terpadu. Dia percaya kenyamanan dan kemudahan akses menjadi kunci pengalihan masyarakat ke transportasi publik.

“Misalnya, pertama naik ojek ke stasiun, kemudian naik kereta, naik kereta naik Transjakarta sampe ke titik tujuan. Sehingga tidak perlu dicari-cari, tidak perlu nunggu-nunggu karena semuanya sudah terintegrasi,” ujar Jokowi.

Dia juga menekankan pada kesetaraan pelayanan bagi seluruh masyarakat. Jokowi menyoroti akses untuk golongan-golongan prioritas.

“Pastikan moda transportasi kita ramah terhadap pengguna lanjut usia, disabilitas, juga bagi anak-anak dan ibu hamil,” ucapnya.

Sebelumnya, Jokowi menyoroti pelayanan transportasi publik di berbagai daerah. Dia merasa transportasi publik sebagai kunci menekan kemacetan dan polusi udara.

Jokowi menyebut kerugian akibat kemacetan dan polusi udara di Jabodetabek mencapai Rp100 triliun per tahun. Dia berkata angka taksiran itu naik dari Rp60 triliun per tahun pada saat ia memimpin DKI Jakarta.