Ini Cara Keluar Grup WA Diam-diam Tanpa Ketahuan Anggota Lain

Iptek457 views

Inionline.id – Aplikasi perpesanan WhatsApp memungkinkan penggunanya keluar dari grup diam-diam tanpa diketahui anggota lain. Bagaimana caranya?

Fitur ini sebetulnya sudah meluncur sejak tahun lalu bersama sejumlah fitur baru WhatsApp lainnya.

“[Fitur baru WhatsApp] mulai dari keluar dari grup tanpa notifikasi, mengontrol siapa yang dapat melihat Anda online, dan pemblokiran tangkapan layar untuk pesan sekali lihat,” kata Bos Meta Mark Zuckerberg beberapa waktu lalu.

Zuckerberg beralasan fitur-fitur tersebut diluncurkan untuk melindungi privasi dan keamanan pengguna. Ia berharap fitur tersebut dapat memberikan perlindungan bagi pengguna WhatsApp.

Sebelum fitur baru ini, pengguna yang keluar dari grup WhatsApp akan diketahui oleh anggota lain, karena akan muncul pemberitahuan di ruang obrolan, seperti “si anu left” atau “si anu keluar.”

Berkat fitur baru ini, pemberitahuan tersebut tidak akan ditampilkan pada anggota lain di grup, sehingga pengguna bisa keluar grup WhatsApp tanpa diketahui anggota lain.

Meskipun begitu, admin grup masih mendapatkan pemberitahuan bila salah satu atau beberapa anggotanya keluar dari gruo. Artinya, pengguna yang keluar dari grup tidak benar-benar keluar tanpa diketahui siapa pun.

Selain itu, riwayat aktivitas keluar grup juga masih dapat dilihat oleh anggota lainnya melalui opsi terbaru “View Past Participants” atau “Lihat Anggota Sebelumnya”.

Pada opsi ini, anggota lain dapat melihat siapa anggota yang keluar dan kapan anggota keluar dari grup WhatsApp.

Lebih lanjut, opsi “View Past Participants” memberikan informasi anggota yang meninggalkan grup dalam kurun waktu 60 hari, baik mereka yang keluar sendiri atau dikeluarkan oleh admin.

8 Prediksi Teknologi yang Mengubah Masa Depan

Untuk mengakses opsi ini, pengguna hanya perlu membuka halaman profil grup dan gulir ke bawah hingga menemukan opsi tersebut.

Lalu bagaimana caranya keluar dari grup WhatsApp diam-diam tanpa ketahuan anggota lain?

Sebelum mencoba fitur terbaru ini, pengguna harus memiliki versi aplikasi WhatsApp terbaru, baik untuk iPhone maupun hp Android.

Jika sudah memiliki aplikasi WhatsApp versi terbaru, berikut langkah-langkah keluar dari grup WhatsApp secara diam-diam:

– Buka ruang obrolan grup WhatsApp
– Klik nama grup di bagian atas ruang obrolan
– Setelah halaman profil grup WhatsApp terbuka, gulir ke bawah dan klik opsi “Keluar dari Grup” atau “Exit Group”
– Selesai mengetuk opsi tersebut, pengguna akan keluar dari grup WhatsApp tanpa muncul notifikasi di ruang chat.