Ini 5 Destinasi Wisata Jaraknya Tak Sampai 10 KM dari Stasiun Kereta Api

Inionline.id – Naik kereta api bisa jadi salah satu pilihan transportasi umum untuk liburan. Selain harganya yangbrelatif terjangkau, di sekitar stasiun kereta juga biasanya terdapat berbagai destinasi wisata populer yang asyik untuk dikunjungi.

Saking dekatnya, beberapa destinasi wisata bahkan bisa diakses hanya dengan berjalan kaki dari stasiun. Kalaupun dirasa terlalu jauh, beberapa temoat wisata itu juga masih relatif dekat karena jaraknya yang tidak sampai 10 kilometer dari stasiun.

Dikutip dari situs Kereta Api Indonesia (KAI), berikut lima rekomendasi tempat wisata dekat dengan stasiun.

1. Galeri Nasional Indonesia, Jakarta

Galeri Nasional Indonesia jadi tempat wisata yang sangat cocok bagi siapa saja yang menyukai seni. Tempat itu menjadi sarana pameran seni dan kebudayaan dari yang antik, kontemporer, sampai modern. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati seminar, fasilitas perpustakaan, dan laboratorium yang ada di dalamnya. Letak Galeri Nasional tepat ada di seberang Stasiun Gambir, sehingga mudah diakses. Namun, apabila naik kereta commuterline disarankan turun di Stasiun Gondangdia. Karena kereta commuterline tidak berhenti di Stasiun Gambir.

2. Kampung Kuliner Binjai

Tempat wisata di Binjai dekat stasiun ialah Kampung Kuliner. Tempat wisata populer ini bahkan hanya berjarak sekitar 100 meter dari Stasiun Binjai. Pengunjung bisa mencoba berbagai kuliner khas Binjai hingga hidangan khas Sumatera Utara lainnya. Tempat ini menawarkan konsep yang unik semacam food court dengan pilihan indoor maupun out door.

3. Benteng Pendem Cilacap

Terletak di Dusun Kebonjati, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Benteng Pendem merupakan peninggalan Belanda di pesisir Pantai Teluk Penyu. Berdasarkan sejarah, benteng itu dibangun pada 1861 dan dulunya menjadi markas pertahanan tentara Hindia Belanda. Di dalamnya terdapat gudang senjata, benteng pengintai, benteng pertahanan, gudang mesiu, penjara, ruang perwira, hingga dapur. Letak Benteng Pendem Cilacap berjarak kurang lebih 3 kilometer dari Stasiun Cilacap.

4. Pantai Grand Watu Dodol Banyuwangi

Bila berpergian ke Banyuwangi dan turun di stasiun terakhir, Ketapang, coba berkunjung ke Pantai Grand Watu Dodol (GWD). Jarak yang harus ditempuh dari stasiun ke Pantai Grand Watu Dodol (GWD) hanya sekitar 6,8 kilometer. Pantai GWD menyajikan wisata snorkeling, diving, dan trip naik perahu ke Pulau Tabuhan.

5. Wisata Kampung Warna-Warni Jodipan Malang

Kampung warna-warni yang ada di Kelurahan Jodipan juga merupakan salah satu tempat wisata di Malang yang dekat dengan Stasiun Malang Kota. Di sana ada ratusan rumah yang dicat warna-warni sehingga kampung tersebut menjadi tampak Instagramable untuk latar belakang berfoto. Lokasinya ada di Jalan Ir. H. Juanda 6, Jodipan, Kota Malang, Jawa Timur. Jaraknya dari Stasiun Malang sekitar 1,5 kilometer.