Imbas Gempa Maroko M 6,8 Masjid Bersejarah Koutoubia Rusak

Internasional157 views

Inionline.id – Masjid Koutoubia yang bersejarah dilaporkan ikut rusak setelah diguncang gempa bumi Maroko dengan magnitudo 6,8 pada Jumat (8/9).

Beberapa bagian masjid yang menjadi salah satu landmark terkenal di Kota Marrakesh ini rusak, namun belum diketahui seberapa parah kerusakannya.

Kendati begitu, menara masjid tidak runtuh, seperti yang tampak dalam foto-foto di media sosial.

Sejarah Masjid Koutoubia

Masjid Koutoubia dibangun pada abad ke-12 yakni 1150 oleh Khalifah Almohad Yaqub al-Mansur. Masjid ini mulanya bernama Jama’ al-Koutoubiyyin yang berarti “Masjid Penjual Buku” karena terletak di dekat pasar buku.

Masjid kemudian berganti nama menjadi “Koutoubia” yang berasal dari kata Arab untuk penjual buku.

Masjid Koutoubia dibangun di lokasi masjid sebelumnya yang hancur akibat gempa bumi pada 1147. Menurut situs resmi masjid, Koutoubia menjadi salah satu masjid tertua dan paling mengesankan di Maroko.

Kemegahan dan keindahannya menjadikan Masjid Koutoubia tujuan wisata populer dan merupakan simbol kekayaan sejarah serta budaya kota.

Masjid Koutoubia dirancang oleh arsitek ternama Abu Yusuf Yaqub al-Mansur. Ia menggunakan kombinasi unik gaya arsitektur Islam dan Andalusia guna menciptakan struktur yang indah dan mengesankan.

Masjid ini dibangun dari batu pasir merah dan memiliki menara besar setinggi 77 meter. Menara masjid dihiasi ukiran rumit dan memiliki bola tembaga serta bulan sabit di atasnya.

Maroko dilanda gempa dengan magnitudo 6,8 pada Jumat malam waktu setempat. Lebih dari 2.100 orang tewas akibat bencana tersebut.

Pusat gempa terletak di Pegunungan Atlas, sekitar 70 kilometer selatan Marrakesh. Lokasinya juga tak jauh dari Toubkal, puncak tertinggi di Afrika Utara dan Oukaimeden, resor ski Maroko yang terkenal.

Dilansir CNN, tembok merah di Marrakesh yang berstatus Warisan Dunia UNESCO pun rusak di beberapa bagian.

Tembok tersebut merupakan serangkaian benteng pertahanan yang melingkupi distrik medina bersejarah yang pertama kali dibangun pada awal abad ke-12.