Bahas Wacana Duet Anies-Cak Imin, PKB Gelar Rapat Pleno

Politik457 views

Inionline.id – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menggelar rapat pleno DPP PKB untuk membahas kabar duet Anies Baswedan dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin di Kantor DPP PKB, Jakarta, Jumat (1/9) pagi ini.

Wakil Sekretaris Majelis Syuro PKB Maman Imanulhaq mengatakan rapat pleno membahas duet AniesĀ Cak iminĀ ini digelar menyusul pernyataan dari Partai Demokrat yang disampaikan dalam konferensi pers semalam.

“Nah mungkin yang paling hangat hari ini adalah pernyataan dari Demokrat bahwa ada kesepakatan untuk mengusung Anies dan pak Muhaimin. Nah seperti kita juga tahu bahwa seluruh perkembangan baik itu koalisi dengan Prabowo atau koalisi yang baru ini mungkin itu akan dilaporkan oleh Ketum kepada partai, nah mekanismenya di sini,” kata Maman di Kantor DPP PKB, Jakarta, Jumat (1/9).

Maman mengatakan Cak Imin juga akan memaparkan soal perkembangan pemenangan pemilu legislatif dan pilpres dalam rapat tersebut. Kemudian, para petinggi DPP PKB lainnya akan memberikan masukan.

“Jadi ketum nanti akan melaporkan perkembangannya, bagaimana hari ini perkembangan survei untuk caleg-caleg. Bagaimana perkembangan calon-calon Pilkada termasuk perkembangan dalam pilpres ini. Jadi kita akan dengar nanti lalu masukan-masukannya,” jelas Maman.

Maman mengatakan Dewan Syuro PKB telah mendengar sudah ada tiga opsi. Pertama, bertahan dengan mendukung Prabowo Subianto dipasangkan dengan Cak Imin. Namun, upaya dukungan itu sudah hampir setahun berlalu dan momentumnya sudah lewat.

Opsi Kedua, lanjut dia, ada pula yang mengusulkan dengan Ganjar Pranowo. Kemudian opsi terakhir, lanjutnya, para kiai turut mengusulkan bersama dengan Anies Baswedan

“Lalu ada yang ngomong ‘loh kenapa kalau enggak dengan Anies’,” jelas Maman.

Setelah rapat pleno, Maman mengatakan proses selanjutnya Cak Imin akan langsung melaporkan kepada Dewan Syuro PKB.

“Biasanya habis rapat nanti diumumkan oleh Ketum, bahwa ini loh saya melaporkan ini ke partai lalu dewan syuro memberikan pertimbangan ini lalu tanfidz memberikan keputusan ini,” jelas Maman.

Pantauan CNNIndonesia.com di lokasi, beberapa petinggi PKB terpantau hadir di Kantor DPP PKB. Selain Maman, hadir pula Sekjen PKB Hasanuddin Wahid, Ketua DPP PKB Faisol Reza dan Cucun Ahmad Samsyurizal.

Kabar kerja koalisi antara Partai NasDem dan PKB sempat diungkapkan oleh Partai Demokrat. Sekjen Partai Demokrat Teuku Rifky menyebut Anies menyetujui kerja sama yang digagas NasDem dengan dipasangkan dengan Muhaimin.

Padahal selama ini NasDem sudah menjalin kerja sama dengan Demokrat dan PKS dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan. Atas dasar itu, Demokrat merasa ada pengkhianatan yang dilakukan.

“Kemarin 30 Agustus 2023, kami mendapatkan informasi dari Sudirman Said mewakili capres Anies Baswedan bahwa Anies telah menyetujui kerja sama politik Partai NasDem dan PKB untuk mengusung pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar,” ucap Rifky lewat siaran pers, Kamis (31/8).