Usai Diet Ekstrem, Influencer Vegan Rusia Meninggal Kelaparan

Kesehatan557 views

Inionline.id – Seorang influencer vegan makanan mentah yang menjalani diet ekstrem buah-buahan eksotis dilaporkan meninggal karena kelaparan dan kelelahan.

Zhanna Samsonova yang berasal dari Rusia itu mengonsumsi makanan seperti buah-buahan, kecambah biji bunga matahari, smoothie buah, dan jus selama lima tahun terakhir.

Menurut sejumlah teman, Zhanna bahkan sangat membatasi kebiasaan makannya itu di beberapa bulan terakhir.

“Wanita berusia 40 tahun, yang dikenal sebagai Zhanna D’Art online, meninggal pada 21 Juli dilaporkan karena ‘infeksi seperti kolera’ yang diperburuk oleh ‘kelelahan tubuh karena pola makan vegan’ kata ibunya kepada surat kabar Rusia Vechernyaya Kazan, dikutip dari Daily Mail.

Penyebab resmi kematian Zhanna belum ditentukan karena keluarganya berusaha mengembalikan jenazahnya ke Rusia. Diketahui Zhanna sudah beberapa tahun tinggal di Sri Lanka.

Sang ibu, Vera Samsonova mengatakan kepada media lokal Rusia bahwa Zhanna seharusnya pulang ke Kazan pada hari kematiannya.

Ia mengaku tidak menyetujui diet ekstrem yang dijalani puterinya selama ini. Menurut Vera, ia telah mencoba meyakinkan Zhanna untuk menerapkan kebiasaan makan yang lebih seimbang, namun Zhanna tetap menolak.

Seorang teman Zhanna yang tidak ingin disebutkan namanya mengklaim bahwa mereka melihat Zhanna beberapa bulan lalu di Sri Lanka ‘tampak kelelahan’.

“Mereka [keluarga] mengirimnya pulang untuk mencari pengobatan. Namun, dia melarikan diri lagi. Ketika saya melihatnya di Phuket, saya merasa ngeri,” kata mereka.

“Saya tinggal satu lantai di atasnya dan setiap hari saya takut menemukan tubuhnya yang tak bernyawa di pagi hari. Saya meyakinkan dia untuk mencari pengobatan, tetapi dia tidak berhasil.”

Zhanna telah mengikuti pola makan vegan selama sekitar satu dekade, dimulai dengan sesekali membiarkan dirinya makan ikan dan produk susu.

Kian lama, pembatasan makannya menjadi semakin ekstrem. Dilaporkan Time News, seorang teman mengklaim bahwa selama tujuh tahun terakhir dia hanya makan durian.

Instagram feed Zhanna menunjukkan perbedaan, dan diisi dengan video dengan puluhan ribu tampilan hidangan mentah berwarna-warni termasuk sup, salad, buah-buahan, dan bahkan burger dan kue.

Dalam postingan yang diterbitkan pada 7 Juni lalu, Zhanna mengatakan dia bersemangat untuk musim buah di Thailand dengan mengatakan bahwa ini adalah ‘”waktunya untuk menambah berat badan”.