Siap-Siap! Kota Bogor Bakal Punya Pasar Tradisional Dengan Fasilitas Playground Anak Standard Mall

Antar Daerah157 views

Bogor, Inionline.id – Perusahaan umum daerah (Perumda) Pasar Pakuan Jaya Kota Bogor kembali membawa kabar baik bagi warga kota hujan.

Untuk pertama kalinya salah satu pasar tradisional di Kota Bogor yaitu Pasar Gembrong Sukasari yang legendaris nantinya akan memiliki wahana bermain bagi anak atau yang kita kenal dengan sebutan playground.

Haikal selaku Kepala unit (Kanit) Pasar Gembrong Sukasari mengatakan bahwa konsep awalnya justru pasar Gembrong ini akan dilengkapi oleh pusat olahraga alias sport centre.

“Namun seiring berjalannya waktu dari pihak pengembang merubah sport centre menjadi playground. Jadi untuk konsepnya itu seperti di mall konsep playgroundnya, untuk anak-anak tapi yang bagus dan bersih, nanti standardnya seperti di mall-mall,” ujarnya.

Selain itu, pasar Gembrong Sukasari ini nantinya akan terdiri dari 560 kios dan los yang terbagi dalam 2 lantai gedung dengan split level di dalamnya.

“Konsepnya tetap pasar rakyat, tetapi pasar rakyat yang sudah SNI. Ber-SNI itu berarti dari mulai kebersihan dan semuanya harus ada ruang dan standarnya,” kata Haikal.

“Ruangan ruangan tersebut terdiri dari ruang menyusui, ada tempat mainan anak, dan sebagainya, itu harus ada dan berjarak, kalau pasar tradisional tidak ber-SNI itu jarak selasar sempit biasanya, kalau SNI itu harus standard lebarnya, sirkulasi udaranya itu harus tinggi dan besar,” lanjut Haikal.

Nantinya anda tetap bisa menemui pasar basah di pasar Gembrong Sukasari yang baru yang bakal menyediakan kebutuhan seperti daging, ikan dan sayur di lantai semi basement.

“Lantai dasar nantinya ada pakaian, jasa jahit, salon, ini bagian pasar kering, lalu diatasnya yaitu, di atasnya lantai dasar, akan ada food court untuk sentra kuliner,” tukasnya.

Pengunjung juga tidak perlu khawatir soal kapasitas dan daya tampung parkir kendaraan, Haikal memastikan bakal ada 130 mobil yang bisa parkir dan motor sebanyak 300 dengan sistem modern gate parking.

Hasil revitalisasi pasar Gembrong Sukasari ini nantinya diharapkan bisa mengembalikan nama besar dan kejayaan pasar Gembrong seperti dahulu kala.

“Sekarang sudah masuk di tahap perataan lahan seperti cut and ville, target pembangunannya 8 bulan, mudah-mudahan bisa selesai dibulan September 2024,” pungkasnya, Kamis (24/08/2023).