Berikut Ini 6 Manfaat Kencur untuk Kesehatan

Kesehatan057 views

Inionline.id – Berasal dari Asia Tenggara, kencur atau Kaempferia galanga merupakan antioksidan alami.

Manfaat kencur yang terkenal dengan sifat antioksidannya dan kaya akan kandungan fenol, tanin, flavonoid, saponin, dan alkaloid ini merupakan solusi alami untuk masalah pencernaan, kolesterol tinggi dan peradangan.

Bukan cuma enak untuk campuran makanan seperti seblak, kencur ini mengandung senyawa bioaktif gingerol yang bermanfaat untuk kesehatan. Senyawa anti-inflamasi dan antioksidan ini mengurangi stres oksidatif dengan menghilangkan radikal bebas dari tubuh.

Berikut beberapa manfaat kencur:

1. Tubuh lebih berenergi

Jahe meningkatkan energi. Dengan antioksidannya yang kaya, ia menghilangkan radikal bebas dari tubuh. Ini membantu tubuh mendapatkan kembali energi yang hilang. Jahe ini meningkatkan tingkat energi dengan mengurangi kelelahan dan memungkinkan orang untuk beristirahat. Melalui energi, ia menciptakan kesadaran terhadap lingkungan sekitar dan membantu orang mengatasi kelelahan.

2. Menyembuhkan batuk

Mengutip medium, rebusan kencur yang aromatik adalah obat yang sangat baik untuk gejala batuk. Anda perlu mencuci akarnya, mengupasnya, dan memarutnya. Kemudian saring untuk memeras sarinya.

Anda juga bisa menambahkan jeruk nipis dan madu dan meminum tonik ini sampai gejalanya berkurang.

3. Mengobati Otot Terkilir

Anda bisa mengonsumsi kencur dengan cara dihaluskan bersama beras. Kemudian oleskan campuran ini secara topikal ke bagian yang terkilir.

Beberapa kegunaan tradisional kencur adalah menghilangkan rasa sakit, dan melancarkan pencernaan.

4. Mungkin Mengobati Mual

Kencur mungkin efektif mengurangi rasa mual, terutama mual yang berhubungan dengan kehamilan. Ini mengurangi kemungkinan dan gejala penyakit serta mengurangi muntah bagi kebanyakan orang. Itu juga merupakan obat sempurna bagi mereka yang merasa mual akibat kemoterapi.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Mengonsumsi kencur dapat membantu Anda jika Anda sedang dalam perjalanan penurunan berat badan. Jahe mengurangi massa tubuh. Ini mempercepat beberapa fungsi tubuh, yang dapat mempercepat penurunan berat badan. Ini adalah cara alami terbaik untuk menurunkan berat badan.

Jahe mempengaruhi termogenesis, atau cara tubuh membakar lemak. Ini juga mengatur bagaimana tubuh mencerna karbohidrat dan menggunakan insulin. Ini memiliki efek signifikan pada pola makan utama dan fungsi tubuh yang berhubungan dengan berat badan.

Orang yang mengonsumsi kencur dengan air tetap kenyang lebih lama. Mereka tidak merasa lapar seperti orang lain. Hal ini mengurangi kecenderungan mereka untuk “makan berlebihan”. Dengan demikian, hal ini membuat orang merasa “kenyang” selama berjam-jam sehingga mereka dapat makan makanan yang ditentukan tepat waktu.

6. Melindurngi dari Infeksi

Manfaat kencur juga membantu tubuh melawan beberapa mikroorganisme. Oleh karena itu, rimpang ini juga dapat berperan sebagai pengawet dan meningkatkan umur simpan makanan. Menambahkan makanan lengkuas segar mengurangi risiko vibriosis, infeksi akibat memakan kerang yang kurang matang.

Penelitian menyatakan kencur dapat membunuh bakteri berbahaya, termasuk E. coli dan Staphylococcus. Penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa jahe ini juga dapat melindungi Anda dari infeksi jamur, ragi, dan parasit.