Sandiaga Bakal Kunjungi Demokrat, NasDem, PKB, Usai Temui PKS

Politik357 views

Inionline.id – Kepala Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PPP Sandiaga Uno ingin menemui petinggi Partai Demokrat, NasDem dan PKB dalam waktu dekat.

Kunjungan itu merupakan rangkaian safari politik yang ia lakukan jelang Pilpres 2024. Dia sudah bertemu elite PKS pada pekan lalu.

“Sudah ada beberapa yang menyatakan ingin untuk berjumpa seperti PKB, PKS, tentunya karena PKS sudah bertemu Minggu lalu dan akan ditindaklanjuti dengan Demokrat dengan NasDem,” ucap Sandi di kompleks parlemen, Rabu (30/8).

Nantinya, hasil safari politik yang dilakukan bakal dilaporkan Sandiaga kepada Mardiono selaku Plt Ketua Umum PPP.

“Nah tentunya nanti hasil daripada roadshow ke seluruh peserta pemilu ini akan saya sampaikan juga ke ketua umum untuk diformulasikan dalam rangka pengayaan strategi,” kata Sandi.

Dalam pertemuan dengan PKS pekan lalu, Sandi mengaku hanya bersilaturahmi. Dia membantah pertemuan tersebut membahas soal peluang membentuk poros baru.

Sandi mengatakan pembahasan soal itu merupakan kewenangan para ketua umum dan hanya akan dilakukan secara tertutup.

Sebelumnya, Sandiaga sempat membuka peluang untuk membuka poros baru bersama Demokrat dan PKS jika Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan dipasangkan.

Terpisah, petinggi Partai Demokrat Hinca Panjaitan mengatakan bahwa sosok capres-cawapres ditentukan oleh Majelis Tinggi partainya.

Saat ini, Demokrat sudah menyatakan dukungan kepada Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden bersama NasDem dan PKS.

“Khusus di Demokrat kewenangan untuk menentukan capres cawapres itu harus dua-duanya capres dan cawapres. Nah, di Demokrat itu kewenangan ini ada di majelis tinggi partai,” kata dia Gedung DPR, Jakarta, Rabu (30/8).

Hinca mengatakan struktur majelis tinggi Partai Demokrat memiliki 17 anggota, termasuk dirinya. Sementara, Ketua Umum Partai Demokrat atau putra sulung SBY, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menduduki posisi sebagai wakil ketua.

Menurut Hinca, saat ini Majelis Tinggi Demokrat telah menetapkan Anies Baswedan sebagai bakal capres yang akan didukung Partai Demokrat di Pilpres 2024.

Mengenai penentuan cawapres akan dibahas oleh Tim 8 yang mewakili tiga partai koalisi, yakni Demokrat, NasDem, dan PKS.

Partai Demokrat juga bakal menggelar Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) dalam waktu dekat.

Deputi Bappilu Demokrat Kamhar Lakumani menyebut Rapimnas akan digelar sekaligus merayakan HUT ke-22 Partai Demokrat di Hotel Sultan, Jakarta pada 12-15 September mendatang.

“Rapimnas sekaligus merayakan HUT ke-22 Demokrat. Di Jakarta. Rangkaian kegiatan mulai tanggal 12-15. Ada Bimtek, Rapimnas dan resepsi HUT ke-22. Tiap lima tahunan juga HUT Partai Demokrat setahun jelang pemilu sekaligus konsolidasi pimpinan nasional,” kata dia.