Resep Sup Tulang Zaidul Akbar Untuk Atasi Dengkul Sakit yang Mudah Dibuat di Rumah

Kesehatan457 views
Inionline.id – Dokter Zaidul Akbar ungkap resep olahan tulang untuk lansia yang alami dengkul sakit, karena beban tubuh yang terlalu berat. Kira-kira seperti apa ya resepnya?Lelaki pencetus Jurus Sehat Rasulullah (JSR) itu menjelaskan obat mudah atasi dengkul atau lutut sakit yang mudah ditemukan dan dibikin di rumah yaitu Bone broth atau kaldu tulang

Berikut ini rangkuman 3 resep kaldu tulang dan protein untuk atasi lutut sakit ala Zaidul Akbar yang bisa dicoba di rumah, melansir akun TikTok @resepzaidulakbar, Kamis (27/7/2023).

1. Resep Tulang Sapi

Cara mengolahnya yaitu dengan menyiapkan tulang sapi berukuran besar, disarankan bagain dengkul atau lutut lalu dipanaskan dengan cara direbus dengan api kecil selama dalam waktu beberapa jam.

“Setahu saya, 8 jam akan keluar collagennya nanti di campur air yang sudah di kasih bawang putih dan seledri,” jelas dr. Zaidul Akbar.

2. Resep Ceker Ayam

Agar lutut lebih kuat jika tidak memiliki tulang sapi, disarankan konsumsi ceker ayam. Meski terdengar sederhana, ceker ayam juga salah satu jenis sumber kolagen yang baik.

“Ceker itu banyak collagennya, kalau ada yang tidak suka ceker minta tolong sama orang untuk rebusin dan bisa di minum saja air rebusannya, nanti bisa di campur saat makan nasi atau simpan di kulkas bisa di minum beberapa kali sehari itu bagus,” jelas dr. Zaidul

3. Resep Rumput Laut

Meski terkesan sederhana, olahan rumput laut yang disebut mengandung natrium dan serat ini baik untuk kesehatan lutut, yaitu bisa dengan mencampurkannya bersama kurma serta habbatussauda.

“Rumput laut di campurkan dengan kurma sedikit lalu di blender atau habbatussauda di buka kapsul serbuk kalau minyak tidak enak karena aromanya kuat,” terang dr. Zaidul.

“Yang serbuk saja atau biji habbatussauda juga bisa, itu mungkin 1 sendok dan 1 genggam rumput laut bukan nori yang kering, rumput laut yang biasanya pada saat ramadhan. lalu kurma 2 atau 3 butir di buang bijinya di masukan air dan blender,” lanjutnya.

Selain beberapa resep di atas, melansir situs resmi Pemkot Medan berikut ini tips atasi nyeri lutut yang bisa dilakukan:

1. Istirahat

Istirahat dari aktivitas apa pun yang dapat menyebabkan rasa sakit atau nyeri. Ketika Anda sedang beristirahat, taruh bantal kecil di bawah lutut Anda.

2. Es Untuk Kurangi Nyeri dan Bengkak

Taruh es atau kantong es untuk mencegah atau meminimalkan pembengkakan pada lutut. Kompres lutut dengan es selama 10 sampai 20 menit sebanyak 3 kali atau lebih dalam sehari.

3. Hindari Mandi Air Hangat

Selama 48 jam pertama setelah cedera, hindari hal-hal yang mungkin bisa meningkatkan pembengkakan, seperti mandi air hangat atau minuman beralkohol.

4. Jangan Perban Lutut Terlalu Erat

Tindakan ini bisa menyebabkan pembengkakan di bawah daerah lutut menjadi lebih parah. Kendurkan perban jika terlalu ketat. Tanda-tanda bahwa balutan terlalu ketat termasuk mati rasa, kesemutan, peningkatan nyeri, dan bengkak pada area di bawah perban.

5. Gunakan Dua Kruk

Anda bisa membeli tongkat atau kruk dari apotek atau rumah sakit. Anda bisa menggunakan kruk atau tongkat saat lutut Anda cedera.

6. Hindari Olahraga Andalkan Lutut

Hindari olahraga yang meningkatkan risiko nyeri lutut seperti lari, ski, bermain tenis, sampai lutut Anda tidak lagi terasa nyeri atau bengkak.