Resep Obat Herbal Untuk Atasi Batuk Akibat Polusi Udara yang Mudah Dibuat

Kesehatan057 views

Inionline.id – Polusi udara di DKI Jakarta telah mempengaruhi kondisi kesehatan masyarakat. Bahkan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sendiri dikabarkan sakit batuk selama 4 minggu, salah satu faktornya akibat paparan cuaca buruk.

Sebelum terburu-buru minum obat kimia, batuk akibat polusi udara sebenarnya bisa juga ditangani dengan mudah dari rumah dengan memanfaatkan rempah-rempah maupun bumbu masak yang biasanya ada di rumah.

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia dr. Inggrid Tania menjelaskan bahwa bahan herbal berkhasiat untuk membantu sistem imun dalam mengatur sel imun agar lebih kuat dan memberikan respon yang sesuai terhadap patogen atau mikroorganisme yang masuk ke dalam tubuh.

Ilustrasi herbal alami (Freepik.com/freepik)

Dia memberikan resep ramuan herbal dari rempah-rempah yang bisa dibuat sendiri di rumah. Ramuan tersebut bisa dikonsumsi sebagai obat maupun pencegahan dalam menguatkan sistem imun.

“Sifat ramuan sebagai antioksidan, peningkat daya tahan tubuh, antiperadangan saluran nafas, kulit, dan mata untuk menangkal dampak polusi udara,” kata dokter Inggrid saat dihubungi suara.com, Rabu (16/8/2023).

Berikut resep ramuan herbal tersebut untuk takaran satu gelas:

Bahan

  • Air 240 mililiter
  • Kunyit 40 gram
  • Lada hitam 6 gram
  • Jahe kupas dan iris 20 gram
  • Ketumbar ulek kasar 2 sendok teh
  • Jeruk nipis setengah potong
  • Madu 1 sendok teh

Cara pembuatan:

  1. Rebus air sampai mendidih
  2. Masukan semua bahan, kecuali jeruk nipis dan madu
  3. Rebus selama 10-15 menit
  4. Tuang cairan ke dalam gelas dan biarkan sampai suhunya menjadi hangat
  5. Beri perasan jeruk nipis dan madu
  6. Ramuan herbal siap diminum

Dokter Inggrid menyarankan untuk konsumsi ramuan tersebut sebanyak 2 kali sehari sebagai upaya pencegahan. Apabila digunakan sebagai obat untuk mengobati sakit, dianjurkan untuk minum 3 kali sehari.

Tetapi, selain mengobati maupun mencegah dampak polusi udara dari dalam tubuh, dokter Inggrid juga menyarankan masyarakat tetap pakai masker saat di luar ruangan.

“Sangat disarankan tetap gunakan masker ketika aktivitas luar ruangan dan hindari aktivitas luar ruangan jika kualitas udara sedang buruk,” sarannya.