Presiden Jokowi menyebut Belum Ada Keharusan Pulangkan Kontingen Jambore di Korsel

Berita657 views

Inionline.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut belum ada keharusan dan kondisi yang membuat pemerintah harus memulangkan ribuan kontingen Indonesia dalam gelaran Jambore Dunia 2023 di Saemangeum, Provinsi Jeolla Utara, Korea Selatan, kendati Negeri Ginseng itu tengah dihantam cuaca panas ekstrem.

Jokowi menyebut dirinya sudah memerintahkan Kementerian Luar Negeri beserta Kedutaan Besar setempat untuk terus melakukan pemantauan dan melaporkan ke pemerintah

“Dan sampai saat ini tidak ada yang disampaikan itu membahayakan dan kita harus apa, membawa pulang kembali,” kata Jokowi di Indonesia Arena, GBK, Senayan, Jakarta, Senin (7/8).

Sebelumnya, terdapat tiga negara yang menarik kontingen peserta dari lokasi acara jambore yakni Amerika Serikat, Inggris dan Singapura. Penarikan itu imbas dari cuaca panas ekstrem.

Kondisi tersebut membuat Partai Demokrat mendesak Pemerintah RI termasuk Presiden Jokowi untuk menarik kontingen.

Kepala Badan Komando Strategis (Bakomstra) Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan saat ini ada 1.569 warga, sebagian besar siswa usia 14-18 tahun, yang tergabung di kontingen Indonesia dalam kondisi terancam cuaca panas yang sangat ekstrem mencapai 34-38 derajat celcius, dengan fasilitas yang sangat menyedihkan.

Ia menyebut dengan kondisi saat ini pemerintah tak perlu menunggu hingga 12 Agustus agar para kontingen dipulangkan ke Indonesia.