Penasaran Kesiapan PT PLN Hadapi KTT Asean ke-43?, Begini Data Lengkapnya

Berita957 views

Jakarta, Inionline.id – PT PLN Persero selesai menggelar apel siaga kelistrikan jelang KTT Asean ke-43 di Istora Senayan, DKI Jakarta pada Kamis pagi (31/08/2023).

Ari Darmawan selaku koordinator kesiapan pengamanan ketenagaan listrikan KTT ke-43 ASEAN melaporkan data kesiapan PT PLN sebagai berikut :

Pertama sistem kelistrikan Jakarta dalam kondisi aman dengan daya mampu sebesar 8.743 megawatt, beban puncak sebesar 5.550 megawatt, dengan cadangan daya sebesar 3.184 megawatt.

Kedua telah diselesaikan 100%, 61 program aksi perkuatan keandalan pasokan kelistrikan mulai dari pembangkitan, dengan operasi sistem, transmisi, distribusi, dan kesiapan SPKLU.

Ketiga, kesiapan SPKLU EV charging melalui pemasangan 14 unit ultra fast charging, 60 unit slow charging, dan 5 unit SPLU Gen 2 untuk memastikan 800 unit kendaraan delegasi dan operasional dapat beroperasi dengan baik dibantu dengan 74 personil petugas siaga 24 jam.

Keempat, melibatkan personil dari semua bidang sebanyak 955 personil tersebar di unit dan venue serta didukung stakeholder instansi pengamanan objek vital dari TNI, Polri, dan BIN.

Kelima, telah menyiapkan peralatan pendukung yaitu 11 unit gardu bergerak dengan total kapasitas 7940 kilo volt ampere, 9 unit peralatan anti-kedip UPS dengan total kapasitas 2980 kilo volt ampere, dan 50 unit kendaraan operasional.

Keenam, kami juga berkolaborasi dengan melibatkan bidang kelistrikan, bidang EV charging, bidang fasilitas logistik stakeholder dan bidang komunikasi serta didukung oleh stakeholder pengamanan objek vital TNI dan Polri, Paspampes dan BIN yang bekerjasama saling mendukung agar pelaksanaan siaga dapat terlaksana dengan baik dan sukses.

Darmawan Prasodjo selaku Ditektur Utama PT PLN menambahkan bahwa dirinya berharap seluruh personel PLN bisa menjalankan tugasnya dengan baik.

“Saya minta kita benar-benar memastikan KTT ASEAN ini bisa berjalan dengan lancar, karena ini adalah kehormatan bangsa Indonesia,” ujarnya.

“Dan dibalik itu, tentu saja ini menjadi bukti perjuangan seluruh insan PLN untuk bangsa dan negara, terima kasih atas dukungan dari segenap jajaran Pemda DKI, dari Pangdam Jaya, dari Polda Metro Jaya ini tanpa dukungan dari Bapak-Ibu semuanya tentu saja seluruh persiapan tim PLN tidak akan selancar ini, saya juga mengucapkan terima kasih kepada Pak Dirut GBK, Pak Adi atas dukungannya juga dengan adanya dukungan itu kita mendapatkan tempat di sini yang layak,” tutup Darmawan. (JC)