Kalahkan Ramen Jepang dan Hot Pot Taiwan, Rawon Jadi Sup Terenak Dunia

Inionline.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Sandiaga Uno dorong Rawon didaftarkan ke UNESCO setelah kuliner Jawa Timur itu ditetapkan sebagai sup terenak di dunia 2023 versi Taste Atlas, mengalahkan ramen Jepang hingga Hot Pot Taiwan.

Ketetapan ini dikeluarkan situs panduan wisata kuliner Kroasia itu pada Juli 2023, yang didasarkan pada peringkat yang diberikan para pembacanya dengan skala 1-5 poin, dan rawon mendapat skor 4,8.

Skor ini hanya berbeda 0,1 poin dari yang didapatkan Tonkotsu Ramen Jepang di urutan kedua dengan nilai 4,7 poin. Lalu Hot Pot Taiwan dengan skor 4,7 poin berada di urutan ke-5.

Ilustrasi Rawon (masakapahariini.com)

Mendapat kabar ini Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengaku senang makanan khas Indonesia, yang berasal dari Surabaya, Jawa Timur ini jadi sup terenak di dunia. Pasalnya, bapak tiga anak itu blak-blakan mengatakan rawon adalah salah satu makanan favoritnya.

“Saya sepakat. Kemarin baru dari Surabaya dan favorit saya adalah rawon setan,” jelas Sandiaga saat konferensi pers Senin, 31 Juli 2023.

Saking bangganya, bahkan Sandiaga bersama komunitas berencana akan mendaftarkan makanan berkuah hitam itu ke UNESCO sebagai salah satu Warisan Budaya Tak Benda.

“Ini tentunya jika ada dorongan dari komunitas, bisa didorong sebagai salah satu juga yang didaftarkan ke UNESCO,” ungkapnya.

Sebelumnya situs Taste Atlas menyebutkan peringkat ini tidak bisa dijadikan sebagai kesimpulan akhir tentang makanan di dunia, karena tujuannya untuk mempromosikan dan melahirkan rasa bangga pada makanan lokal.

“Tujuannya adalah mempromosikan makanan lokal, menanamkan kebanggaan pada masakan tradisional dan membangkitkan rasa ingin tahu tentang masakan yang belum pernah Anda coba,” tulis Taste Atlas dalam situsnya.

Berikut ini urutan lengkap daftar sup terenak di dunia versi Taste Atlas Juli 2023:

  1. Rawon Indonesia skor 4,8
  2. Tonkotsu Ramen Fukuoka Jepang skor 4,7
  3. Tom Kha Gai Thailand skor 4,7
  4. Sopa De Lima, México skor 4,7
  5. Hot Pot Taiwan, skor 4,7
  6. Ciorba Radauteana România skor 4,7
  7. Bori-bori Paraguay skor 4,7
  8. Ramen Jepang, skor 4,6
  9. Shoyu Ramen Tokyo Jepang skor 4,6
  10. Sup Zurek Polandia skor 4,6

Situs tersebut juga mendeskripsikan Rawon sebagai masakan khas Indonesia asal Jawa Timur dibuat dari daging sapi yang direbus, dengan bumbu bahan tradisional Indonesia seperti seperti daun jeruk, serai, jahe, dan cabai. Namun, elemen utamanya adalah buah kluwek, kacang hitam Indonesia.