Jokowi Pede Jakarta-Sukabumi 2,5 Jam, Tol Cigombong-Cibadak Kelar

Ekonomi557 views

Inionline.id – Presiden Jokowi meresmikan Tol Ciawi-Sukabumi Ruas Cigombong-Cibadak dengan panjang 11,9 km, Jumat (4/8) pagi ini.

Jokowi percaya diri tol yang menelan dana Rp3,2 triliun ini ke depannya akan bermanfaat besar bagi pengembangan ekonomi di kawasan yang dilintasinya.

Pasalnya menurut perhitungan Jokowi, keberadaan tol ini akan membuat perjalanan makin singkat. Perhitungannya, keberadaan tol akan membuat waktu tempuh dari Jakarta ke Sukabumi yang selama ini memakan waktu 5-6 jam jadi tinggal 2,5 jam saja.

“Ini akan mempercepat mobilitas orang dan barang. Kita harapkan dengan selesainya ruas jalan ini, nanti kalau kita ke Pelabuhan Ratu, ke Ciletuh, Ujung Genteng, Gunung Gede yang sebelumnya dari Jakarta ke Sukabumi memakan waktu 5-6 jam, dengan tol ini hanya 2,5 jam,” katanya dalam video peresmian yang ditayangkan di Youtube Sekretariat Presiden.

Selain mempercepat waktu tempuh, Jokowi juga percaya diri keberadaan tol ini ke depan akan membuat investasi di Jawa Barat makin moncer. Jokowi mengatakan realisasi investasi di Jawa Barat saat ini merupakan yang tertinggi di Indonesia dibanding daerah lain.

Data BKPM menunjukkan pada kuartal II 2023 kemarin, realisasi investasi di daerah yang dipimpin Ridwan Kamil itu tembus Rp53,7 triliun.

Jokowi mengatakan dari survei yang dilakukan terhadap investor diketahui bahwa posisi Jawa Barat memang masih istimewa di mata investor.

Alasannya, jalan tol yang ada di Jawa Barat paling banyak dibangun.

“Ini jawaban kenapa Jawa Barat menduduki ranking 1 untuk investasi,” katanya.