Ini 7 Rahasia Panjang Umur dan Selalu Bahagia

Kesehatan157 views

Inionline.id – Memiliki umur panjang disertai hidup bahagia tentu jadi keinginan semua orang.

Rahasia untuk mendapatkan umur panjang dan hidup bahagia sebenarnya sederhana saja.

Kedua hal itu bisa Anda dapatkan dengan mulai memerhatikan tubuh dan pikiran secara menyeluruh.

Seorang analis medis yang juga berprofesi sebagai dokter darurat dan profesor tamu kebijakan dan manajemen kesehatan di Sekolah Kesehatan Masyarakat Milken Institute Universitas George Washington, Leana Wen mengatakan, ada efek jangka panjang dari kebiasaan yang dilakukan setiap hari pada tubuh dan pikiran.

Semua kebiasaan ini bisa memberi efek negatif atau positif, tergantung bagaimana Anda menjalaninya.

“Ada banyak bukti tentang hal-hal yang dapat kita lakukan secara proaktif untuk dapat meningkatkan umur panjang serta kualitas kita,” kata dia.

Rahasia umur panjang dan hidup bahagia
Berikut ini beberapa rahasia umur panjang dan hidup bahagia.

1. Perhatikan kesehatan mental

Kunci hidup bahagia adalah keadaan mental yang stabil. Sayangnya, persoalan mental ini kerap diabaikan jika dibandingkan dengan kesehatan secara fisik.

Mencoba menyelami pikiran, melakukan apa yang Anda sukai hanya dalam 15 menit setiap harinya bisa memperbaiki mental yang sakit. Cobalah menarik napas dalam-dalam saat bangun tidur.

Terapkan praktik mindfulness. Belajar mengatur emosi dan mencoba untuk meditasi. Semua hal ini tidak hanya membuat Anda lebih bahagia, tapi juga bisa menambah angka harapan hidup.

2. Perkuat hubungan dengan orang lain

Memiliki relasi positif bisa memberikan kebahagiaan dan rasa nyaman. Hal ini bisa mengurangi stres yang dirasakan setiap kali merasa sendiri.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki hubungan yang memuaskan dengan keluarga, teman, dan komunitas memiliki sedikit masalah kesehatan. Mereka juga bisa hidup lebih lama dan bahagia.

3. Makan makanan yang sederhana

Makanan mewah memang tidak masalah. Tapi makanan sederhana yang membuat Anda merasa kenyang tanpa memikirkan berapa harga per porsinya jauh lebih membuat bahagia dan tenang.

Pola makan yang sederhana dan hidup secukupnya adalah salah satu kunci umur panjang dan bahagia. Menukil berbagai sumber, pola makan sederhana ternyata sangat berpengaruh terhadap kesehatan mental dan fisik.

4. Selalu aktif

Temukan sesuatu yang Anda sukai, misalnya berjalan keliling dengan hewan peliharaan setiap hari, berkebun, atau lari pagi.

5. Jangan terlalu banyak baca berita

Membaca berita adalah cara terbaik untuk tetap terhubung dengan dunia luar. Tapi, Anda juga harus hati-hati karena banyak berita yang menunjukan kekerasan, penderitaan, dan hal negatif lain yang bisa memengaruhi pikiran.

Mengutip laman Mayo Clinic, cobalah untuk meminimalisasi paparan berita buruk, terutama di masa-masa sulit. Sebab, berita buruk bisa membuat Anda melupakan hal-hal baik di sekitar.

6. Tidur cukup

Kurang tidur dapat memperburuk kondisi kesehatan serta berdampak negatif pada suasana hati, motivasi, dan tingkat energi Anda.

Tidur cukup dan berkualitas adalah kebiasaan sehat yang bisa membuat Anda lebih bahagia dan berumur panjang. Tidur malam yang baik adalah 7-8 jam setiap malamnya.

7. Selalu bersikap baik

Mempertahankan pola pikir welas asih adalah cara lain untuk menghemat energi. Cobalah selalu bersikap baik kepada orang lain, mengucapkan terima kasih, dan maaf sebelum atau setelah meminta tolong.

Semua hal ini bisa membuat anda merasa lebih baik, bahagia dan panjang umur.