Ini 5 Teh yang Bisa Berbahaya untuk Kesehatan

Kesehatan157 views

Inionline.id – Bukan rahasia lagi, teh punya banyak manfaat untuk kesehatan. Tapi siapa sangka jika ternyata ada beberapa jenis teh yang justru bisa berbahaya untuk kesehatan.

Teh rasanya cocok diminum kapan saja. Menemani Anda memulai aktivitas di pagi hari, menemani Anda bersantai di sore hari, atau membantu membuat tubuh lebih rileks dan bersiap tidur di malam hari.

Teh juga jadi salah satu minuman kesukaan banyak orang. Teh jadi pilihan minuman bagi mereka yang tak terlalu menyukai kopi.

Teh yang berbahaya untuk kesehatan

Tapi, bukan berarti Anda bisa sembarangan meminum teh tanpa memperhatikan dampaknya buat kesehatan.

Meminum teh tertentu mungkin dapat merusak kesehatan. Hal ini tergantung pada metode, pengolahan teh, status kesehatan peminum, dan tingkat konsumsi.

Berikut beberapa teh yang mungkin bisa berbahaya untuk kesehatan, melansir Eat This Not That.

1. Teh comfrey

Teh ini dipercaya memiliki khasiat sebagai obat. Namun, ahli gizi Hiba Batool mengatakan, teh ini mengandung alkaloid pirolizidin yang dapat menyebabkan kerusakan hari.

Sebuah ulasan yang diterbitkan dalam Public Health Nutrition pada 2004 laku mencatat, ‘konsumsi teh herbal yang terbuat dari daun comfrey mungkin merupakan tindakan yang keliru’. Salah satu pasalnya adalah karena ditemukannya potensi toksisitas hati.

2. Teh peppermint

Pada dasarnya tak ada yang salah dengan meminum teh peppermint. Hanya saja, jika Anda meminumnya secara rutin dan terus-menerus, maka masalah kesehatan menunggu.

“Terlalu banyak [konsumsi teh peppermint] dapat menyebabkan iritasi dan, dalam jumlah besar dapat menjadi racun,” ujar ahli nutrisi lainnya Celine Beitchman.

Hal ini terjadi karena mentol, sebagai bahan aktif dari peppermint, dapat memengaruhi sistem pemanasan dan pendinginan biologis manusia.

3. Teh lemon

Siapa sangka teh lemon juga bisa berbahaya buat kesehatan? Ahli gizi Jay Cowin mengatakan, teh lemon memiliki kadar timbal yang lebih tinggi dibandingkan lainnya.

Kadar timbal yang tinggi dalam tubuh salah satunya bisa mengganggu sistem saraf.

4. Teh hitam

Sesekali meminum teh hitam sebenarnya tidak akan menimbulkan bahaya. Hanya saja, jika Anda menyeruputnya sepanjang hari, maka akan ada efek samping yang tidak menyenangkan.

Ahli gizi Allison Gregg mengatakan, hal ini terjadi karena kandungan kafein yang tinggi pada teh hitam.

“Minum terlalu banyak teh hitam dapat menyebabkan perasaan cemas, stres, dan gelisah,” ujar Gregg.

5. Teh licorice

Orang dengan darah tinggi perlu mempertimbangkan ulang keinginannya untuk meminum teh licorice. Pasalnya, teh satu ini dapat memicu peningkatan tekanan darah.

Peningkatan tekanan darah juga bahkan bisa dialami juga oleh mereka dengan tensi normal yang meminum teh licorice.

Demikian beberapa teh yang bisa berbahaya untuk kesehatan. Coba pertimbangkan kembali pola minum teh Anda atau konsultasikan dengan dokter.