Ini 5 Cara Menghilangkan Pegal di Kaki dengan Mudah

Kesehatan257 views

Inionline.id – Kaki yang terasa pegal merupakan keluhan yang umum terjadi. Biasanya kondisi ini bisa muncul karena seseorang lelah beraktivitas seharian.

Meski bisa sembuh dengan sendirinya, tetapi Anda juga bisa mencoba cara menghilangkan pegal di kaki ini dengan bahan-bahan rumahan agar rasa nyeri segera hilang.

Pasalnya jika tidak segera diatasi, kondisi dapat mengganggu kenyamanan. Sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasinya, sebaiknya Anda mengetahui dahulu penyebab kaki pegal.

Berikut beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab kaki pegal yang dikutip dari laman Verywell Health.

-Aktivitas fisik berlebihan yang banyak mengandalkan kaki untuk berjalan, berdiri, berlari, dan lainnya.

-Berat badan berlebih yang dapat memicu ketegangan pada otot, sendi, dan ligamen.

-Anatomi kaki yang tidak normal, seperti telapak kaki terlalu rata atau terlalu melengkung.

-Terlalu lama berjalan di permukaan yang keras.

-Kehamilan.

-Alas kaki tidak pas, terlalu sempit, atau besar.

-Gangguan kesehatan seperti penyakit asam urat dan radang sendi.

Cara Menghilangkan Pegal di Kaki

Lantas bagaimana cara mengatasi kondisi ini? Anda bisa coba cara-cara menghilangkan pegal di kaki di rumah, seperti dilansir dari laman Healthline.

1. Rendam kaki dengan air hangat dan garam
Merendam kaki dengan air hangat yang diberi garam dapat membantu menghilangkan rasa pegal di kaki. Tak hanya mengatasi masalah pegal-pegal, cara ini juga dapat mengurangi bengkak di kaki.

2. Pijat
Cara menghilangkan pegal di kaki berikutnya adalah dengan memijat bagian yang sakit untuk meningkatkan sirkulasi darah.

Anda bisa meminta bantuan orang untuk dipijat atau melakukan pemijatan kaki mandiri. Caranya dengan duduk sembari selonjoran, lalu urut pelan seluruh bagian kaki dengan losion atau minyak urut.

3. Kompres es
Kaki yang pegal juga dapat diatasi dengan mengompres es. Caranya juga cukup mudah dan praktis.

Anda hanya perlu menyiapkan es batu yang sudah dibungkus handuk, lalu kompreskan ke bagian kaki yang terasa pegal selama 5-15 menit.

4. Berjemur di pagi hari
Kekurangan vitamin D merupakan salah satu penyebab pegal dan keluhan terkait otot lainnya. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin D, Anda bisa berjemur di pagi hari.

Berjemur merupakan cara mendukung produksi vitamin D di dalam tubuh dan mampu membantu mengatasi bagian tubuh seperti kaki yang pegal.

5. Peregangan
Cara menghilangkan pegal di kaki berikutnya adalah melakukan peregangan. Caranya dengan mengangkat kaki di atas tembok lalu diamkan beberapa menit.

Setelah itu, turunkan kaki dan pijat perlahan. Lakukan cara ini beberapa kali hingga kaki terasa lebih baik.

Demikian cara menghilangkan pegal di kaki yang dapat Anda coba. Cara-cara ini hanya membantu meredakan atau menghilangkan rasa sakit secara umum, segera konsultasikan dengan dokter apabila pegal di kaki tidak kunjung sembuh.